Sejarah Panjang Konfrontasi Hamas dengan Israel

Sabtu, 15 Mei 2021 - 06:07 WIB
loading...
A A A
10 Mei - Setelah akhir pekan kekerasan sporadis, ratusan warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam. Setelah menuntut Israel menarik pasukan keamanannya dari kompleks tersebut, Hamas menembakkan rentetan roket dari Gaza ke Israel. Israel membalas dengan serangan udara di Gaza.



11 Mei - Jumlah korban tewas meningkat saat pemboman udara berlanjut. Sebuah bangunan tempat tinggal setinggi 13 lantai di Gaza runtuh setelah terkena serangan udara Israel. Militan Palestina meluncurkan roket jarak jauh ke Israel.

12 Mei - Amerika Serikat mengumumkan akan mengirim utusan ke wilayah tersebut. Militer Israel membunuh seorang komandan senior Hamas di Gaza selama lebih banyak permusuhan.

13 Mei - Serangan udara Israel dan tembakan roket militan terus berlanjut, dan kekerasan memburuk di komunitas campuran Yahudi dan Arab di Israel. Sinagoga diserang dan bentrokan pecah di beberapa kota.

14 Mei - Israel menggunakan pesawat tempur, tank, dan artileri untuk melawan jaringan terowongan militan Palestina di bawah Gaza dalam operasi yang diikuti oleh lebih banyak tembakan roket Palestina.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)