Polisi Bertindak Brutal di Yerusalem Timur, Yordania Kirim Nota Protes pada Israel

loading...
Polisi Bertindak Brutal di Yerusalem Timur, Yordania Kirim Nota Protes pada Israel
Yordania dilaporkan mengirim nota resmi ke Israel berisi kecaman atas upaya untuk mengusir penduduk Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur dari rumah mereka. Foto/REUTERS
AMMAN - Yordania dilaporkan mengirim nota resmi ke Israel. Nota itu berisi kecaman atas upaya untuk mengusir penduduk Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur dari rumah mereka.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania, Daifallah al-Fayez nota tersebut dikirim ke Kementerian Luar Negeri Israel. Baca juga: Mesir dan Yordania Desak Israel Hentikan Kekerasan di Yerusalem

"Berasal dari Pengawasan Hashemite atas situs suci Muslim dan Kristen Yerusalem, Yordania akan mengabdikan semua kemampuannya untuk melindungi tempat suci kota, identitas Arab, Muslim dan Kristen, status quo sejarah, dan hukum dan menanggapi serangan Israel," kata Fayez.

"Pemerintah mengirim nota resmi ke Kementerian Luar Negeri Israel yang menyatakan penolakan pemerintah Yordania atas upaya pemerintah Israel untuk menggusur penduduk di lingkungan Sheikh Jarrah dari rumah mereka," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (11/5/2021).

Fayez mengatakan, nota tersebut menegaskan bahwa warga Yerusalem adalah populasi yang dilindungi di bawah hukum internasional dan hukum humaniter internasional. Baca juga: Polisi Israel Lecehkan Umat Kristen Palestina di Dekat Gereja Makam Suci



Oleh karena itu, jelasnya, pemerintah Israel tidak memiliki hak untuk secara paksa mengusir mereka dari rumah mereka, yang merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional.

"Nota itu juga memperjelas bahwa keputusan pengadilan Israel di Yerusalem Timur yang diduduki adalah batal demi hukum menurut hukum humaniter internasional," tambahnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top