Zulkifli Hasan: Apa yang Terjadi di Palestina Sungguh Menyayat Hati

Minggu, 09 Mei 2021 - 19:52 WIB
loading...
Zulkifli Hasan: Apa yang Terjadi di Palestina Sungguh Menyayat Hati
Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menilai kekerasan yang dialami warga Palestina oleh tentara Israel di Masjidil Aqsa dan Sheikh Jarrah, Yerussalem.

Menurut Zulkifli, apa yang terjadi di Palestina menyayat hati. "Apa yang terjadi di Palestina semalam sungguh menyayat hati kita semua. Di penguhujung bulan suci Ramadhan ini, saat umat Muslim seharusnya merasakan ketenangan ibadah untuk mengejar lailatul qadr, atau mempersiapkan hari raya bersama keluarga, saudara-saudara kita di Palestina justru harus menghadapi kekerasan fisik dan pengusiran yang dilakukan oleh Zionis Israel," tutur Zulkifli dalam pernyataan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Minggu (9/5/2021).

Zulkifli mengutuk keras pengusiran dan kekerasan yang dilakukan tentara Israel kepada warga sipil di Masjidil Aqsa dan Sheikh Jarrah. Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut dinilai bertentangan dengan berbagai resolusi DK PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949, dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan.

Menurut dia, sampai kapan pun Indonesia akan menentang Israel dengan segala penjajahannya terhadap warga Palestina. Sesuai amanat UUD 1945 dalam muqaddimah, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

"Mari kita doakan saudara-saudara kita di Palestina, semoga Allah memberikan pertolongan kepada mereka dan umat Muslim di seluruh dunia. Kita sisipkan semua doa dalam doa qunut kita di saat qiyamul lail. Langkah-langkah diplomasi, bantuan kemanusiaan, dan solidaritas pun harus terus kita lakukan," tutur Zulkifli.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)