Jepang Perpanjang Status Darurat, IOC: Olimpiade Tokyo Maju Terus

Minggu, 09 Mei 2021 - 01:01 WIB
loading...
Jepang Perpanjang Status Darurat, IOC: Olimpiade Tokyo Maju Terus
Jepang Perpanjang Status Darurat, IOC: Olimpiade Tokyo Maju Terus. Foto: IST
A A A
TOKYO - Komite Olimpiade Internasional (IOC) membuat pernyataan tegas soal nasib Olimpiade Tokyo 2020 . Menurut pejabat IOC, tidak ada yang bisa menghentikan pesta olahraga tersebut digelar tahun ini.

Keraguan soal nasib Olimpiade Tokyo 2020 kembali mengemuka setelah pemerintah Jepang memperpanjang status darurat di ibu kota mereka, akibat angka penularan virus corona (Covid-19). Status darurat diperpanjang hanya 76 hari sebelum upacara pembukaan Olimpiade.



Soal kemungkinan Olimpiade Tokyo 2020 kembali ditunda, Wakil Presiden IOC, John Coates, yakin hal itu tidak akan terjadi. Kata Coates, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga sudah menjamin ketersediaan vaksin untuk semua orang yang terlibat dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

“Perdana menteri Jepang mengatakan itu kepada presiden Amerika Serikat dua atau tiga minggu lalu. Dia lantas mengatakan itu kepada IOC.” kata Wakil Presiden IOC, John Coates, kepada AFP, dikutip Inside The Gamez, Sabtu (8/5/2021).

Vaksin kini menjadi tulang punggung kesuksesan Olimpiade Tokyo 2020. Rencananya, perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer, akan menyediakan vaksin untuk semua orang yang terlibat di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

“Kami telah melakukan banyak pekerjaan yang luar biasa ke dalam prosedur yang memastikan keamanan para atlet melalui pengujian,” kata John Coates.

Di media sosial, muncul petisi menolak gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Kampanye anti-Olimpiade ini salah satunya digagas oleh pengacara kondang Kenji Utsunomiya yang beberapa kali gagal dalam pencalonan menuju kursi Gubernur Tokyo.

Menurut Kenji, masyarakat Jepang sebetulnya khawatir dengan rencana mendatangkan ribuan orang dari berbagai negara ke Tokyo mengingat pandemi masih belum terkendali. Apalagi, kata Kenji, virus tersebut terus bermutasi membentuk varian baru yang menurut penelitian lebih bersifat menular.

“Kami telah meluncurkan tanda tangan yang menyerukan pembatalan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo,” kata Kenji Utsunomiya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)