AS: Kesepakatan Nuklir Mungkin jika Iran Buat Keputusan Politik

Jum'at, 07 Mei 2021 - 19:01 WIB
loading...
AS: Kesepakatan Nuklir Mungkin jika Iran Buat Keputusan Politik
Pertemuan terbaru Komisi Gabungan JCPOA di Wina, Austria, 27 April 2021. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pejabat senior Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) mengatakan Washington dan Iran dapat mencapai kembali kepatuhan terhadap kesepakatan nuklir Iran dalam beberapa pekan mendatang jika Teheran membuat "keputusan politik."

Pejabat senior itu mengatakan tiga putaran terakhir pembicaraan tidak langsung antara Amerika Serikat dan Iran di Wina "membantu mengkristalisasi pilihan," tetapi mencatat "tidak ada yang disepakati" tentang bagaimana menghidupkan kembali kesepakatan nuklir, yang secara resmi disebut Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

"Jika Iran membuat keputusan politik yang benar-benar ingin kembali ke JCPOA saat JCPOA dinegosiasikan, maka itu bisa dilakukan relatif cepat dan implementasinya bisa relatif cepat," ungkap pejabat itu kepada wartawan tanpa menyebut nama.



Dia menambahkan, "Tapi kami tidak tahu apakah Iran telah membuat keputusan itu."



"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam hal menyepakati sanksi, langkah-langkah nuklir, tetapi juga urutan dan jadwal pelaksanaan langkah-langkah yang harus diambil kedua belah pihak," ungkap dia.



Pejabat itu menyarankan ada kemungkinan bagi Washington dan Teheran untuk mencapai kembali kepatuhan bersama dalam beberapa pekan ke depan.

Dia menekankan, "Ini pada akhirnya adalah masalah keputusan politik yang perlu dibuat di Iran."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)