Inilah Type 094A, Kapal Selam Nuklir yang Mampu Merudal Daratan AS

Senin, 03 Mei 2021 - 13:39 WIB
loading...
Inilah Type 094A, Kapal Selam Nuklir yang Mampu Merudal Daratan AS
Rudal JL-3 SLBM yang jadi senjata kapal selam bertenaga nuklir China Type 094A. Foto/South China Morning Post
A A A
BEIJING - Kapal selam bertenaga nuklir Type 094A atau kelas Jin secara resmi ditugaskan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N) China pekan lalu. Sumber militer dan analis mengatakan kapal itu mampu menghantam daratan Amerika Serikat (AS) dengan rudal balistik (SLBM).

Kapal kelas Jin (SSBN) ditampilkan Jumat lalu sebagai bagian dari perayaan untuk menandai ulang tahun ke-72 PLA-N.



Itu mampu menembakkan JL-3 SLBM atau Julang (Big Wave) dengan jangkauan lebih dari 10.000 km (6.200 mil). Demikian diungkap sumber yang dekat dengan PLA-N.

"Type 094A adalah versi upgrade dari Type 094 yang mengatasi salah satu masalah utama—kebisingan—dengan meningkatkan sistem hidrokinetik dan turbulen, memungkinkannya untuk membawa JL-3 yang lebih kuat," kata sumber itu, yang meminta namanya tidak disebutkan karena sensitivitas subjek, sebagaimana dikutip dari South China Morning Post, Senin (3/5/2021).

Sebelum di-upgrade, kapal selam itu dipersenjatai dengan JL-2 inferior yang hanya bisa mencapai timur laut Amerika Serikat. Tapi, kapal selam itu sekarang mampu menghantam seluruh benua Amerika dengan JL-3 SLBM.

Menurut laporan Forbes, sebelum memasuki jarak menyerang benua Amerika Serikat, kapal selam Type 094A harus melewati barisan pangkalan militer AS di Pasifik yang dijuluki rantai pulau pertama—mengekspos kapal selam untuk dideteksi dan diserang oleh pesawat patroli anti-kapal selam P-8 Amerika.

Kapal selam China telah dirundung masalah karena terlalu berisik dan mudah dideteksi tetapi sebagian besar telah diperbaiki dalam beberapa tahun terakhir oleh insinyur PLA-N China Laksamana Muda Ma Weiming, yang sekarang memimpin dalam teknologi propulsi mutakhir.

Sumber militer menambahkan JL-3 mampu mengirimkan beberapa hulu ledak yang sama, termasuk hulu ledak nuklir seperti yang dilakukan JL-2.

Setiap rudal JL-2 dapat dipersenjatai dengan satu hulu ledak berkekuatan megaton, 67 kali lebih kuat daripada bom nuklir Little Boy yang dijatuhkan AS di Hiroshima.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0822 seconds (0.1#10.140)