Biden Sebut AS Tidak Pernah Berniat Berkonflik dengan Rusia

Kamis, 29 April 2021 - 19:50 WIB
loading...
Biden Sebut AS Tidak Pernah Berniat Berkonflik dengan Rusia
Biden mengatakan, AS tidak memiliki keinginan untuk berkonflik dengan Rusia dan percaya kedua negara dapat bekerja sama, di mana kepentingan mereka bertemu. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) , Joe Biden mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah memiliki keinginan untuk berkonflik dengan Rusia. Dia percaya kedua negara dapat bekerja sama, di mana kepentingan mereka bertemu.

Biden menuturkan, meskipun AS tidak ingin berkonflik dengan Rusia, tapi aksi-aksi Moskow dianggap bermusuhan dan ada konsekuensi serius dari hal itu.

"Berkenaan dengan Rusia, saya menjelaskan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin bahwa meskipun kami tidak mencari eskalasi, tindakan mereka memiliki konsekuensi," kata Biden, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (29/4/2021).

"Tapi, kami juga bisa bekerja sama jika itu untuk kepentingan bersama. Seperti yang kami lakukan saat memperpanjang Perjanjian New START Baru senjata nuklir - dan saat kami berupaya mengatasi krisis iklim," sambungnya.

Ketegangan meningkat antara Washington dan Moskow, menyusul laporan intelijen AS yang menuduh intelijen Rusia berada di belakang peretasan terhadap sistem teknologi informasi AS dan menuduh Moskow ikut campur dalam pemilu 2020.

Pada bulan April, pemerintahan Biden menjatuhkan sanksi pada 32 entitas dan individu Rusia atas tuduhan ini dan tindakan bermusuhan lainnya terhadap kepentingan AS. Moskow membantah tuduhan itu.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan tindakan pembalasan. Salah satu aksi balasan rusia adalah pengusiran secara proporsional terhadap staf misi diplomatik AS. Baca juga:Menlu Rusia: Hubungan AS-Rusia Lebih Buruk daripada Selama Perang Dingin
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)