Truk Penjara Disergap di Pagi 'Buta', Puluhan Napi Melarikan Diri

Rabu, 28 April 2021 - 18:39 WIB
loading...
Truk Penjara Disergap di Pagi Buta, Puluhan Napi Melarikan Diri
Truk penjara disergap di pagi buta, puluhan napi melarikan diri. Foto/Ilustrasi
A A A
CAPE TOWN - Sekitar 45 tahanan berhasil melarikan diri setelah sekelompok orang bersenjata AK47 menyerang truk penjara yang memindahkan narapidana di Afrika Selatan (Afsel). Sejumlah anggota polisi juga disandera dalam peristiwa tersebut.

Penyergapan itu terjadi pada Rabu pagi di Pietermaritzburg, Ibu Kota dan kota terbesar kedua di provinsi KwaZulu-Natal, sebelah tenggara negara itu.

Surat kabar lokal, The Witness melaporkan, 22 tahanan sekarang kembali ke tahanan, sementara 23 lainnya masih dalam pelarian. Mereka termasuk di antara lebih dari 45 narapidana yang dipindahkan dari Penjara Baru ke Pengadilan Magistrate di Pietermaritzburg pada hari Rabu.

Surat kabar lokal melaporkan, mengutip sumber, enam dari tahanan menyerahkan diri mereka ke pejabat di Pengadilan Hakim Pietermaritzburg.

Sumber-sumber tersebut menambahkan bahwa para pria bersenjata yang mengendarai truk pikap itu dipersenjatai dengan senjata AK47, yang mereka arahkan ke petugas sebelum memaksanya membuka bagian belakang kendaraan polisi.



"Mobil polisi dengan tahanan dibajak oleh lima tersangka dengan senapan AK47. Polisi disandera dengan tahanan," kata Kelompok Afrika Selatan RTC.

"Tembakan dilepaskan. Peristiwa masih terjadi. Ini terjadi beberapa saat yang lalu di Jalan Devonshire antara Pengadilan Pietermaritzburg dan Penjara Baru. Tahanan KZN sedang dalam perjalanan ke pengadilan," sambungnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (28/4/2021).

Dinas Polisi Afrika Selatan (SAPS) menambahkan dalam sebuah pernyataan: "Pagi ini pukul 8:00, dua petugas polisi sedang membawa tahanan dari Penjara Baru PMB ke Pengadilan Hakim Pietermaritzburg diblokir oleh bakkie taksi ganda - dengan lima orang bersenjata berat."

"Para tersangka mengarahkan senjata api ke polisi dan membuka paksa bagian belakang truk. Sebanyak 31 tahanan yang menunggu persidangan melarikan diri dari 45 orang yang berada di dalam truk itu," sambung pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)