Mengkhawatirkan, 150.000 Tentara Rusia Siap Tempur di Perbatasan Ukraina

Selasa, 20 April 2021 - 01:01 WIB
loading...
Mengkhawatirkan, 150.000 Tentara Rusia Siap Tempur di Perbatasan Ukraina
Tentara Ukraina berjaga di garis pemisah dari wilayah pemberontak pro-Rusia dekat kota Zolote, Luhansk, Ukraina, 7 April 2021. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell mengatakan Rusia telah mengerahkan lebih dari 150.000 tentara di sepanjang perbatasan Ukraina dan semenanjung Krimea.

"Ini adalah penempatan militer Rusia tertinggi di perbatasan Ukraina," ungkap Borrell kepada wartawan setelah pembicaraan yang melibatkan menteri luar negeri (menlu) Ukraina.

Dia menolak mengungkapkan sumber angka tersebut. “Risiko eskalasi lebih lanjut, itu jelas,” tutur dia memperingatkan situasi semakin genting.



Ketegangan meningkat akibat penumpukan pasukan Rusia di sekitar negara tetangganya di barat daya.



Meningkatnya konflik dengan separatis yang didukung Moskow telah memicu kekhawatiran kembali terjadinya pertempuran yang meluas di Ukraina.



Militer Moskow mengatakan sedang melakukan latihan di sepanjang perbatasannya sebagai tanggapan atas tindakan aliansi militer Barat NATO yang "mengancam Rusia".

Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu pekan lalu mengatakan, "Dua unit angkatan darat dan tiga unit angkatan udara berhasil dikerahkan ke perbatasan barat Rusia dan latihan akan berakhir dalam dua pekan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)