Rusia Tuding Barat Pasok Senjata ke Ukraina

Sabtu, 17 April 2021 - 03:39 WIB
loading...
Rusia Tuding Barat Pasok Senjata ke Ukraina
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova. Foto/Asbarez
A A A
MOSKOW - Rusia telah memberi tahu para pendukung Ukraina di Barat untuk berhenti menyediakan senjata bagi negara yang bermasalah itu dan sebaliknya mencoba meredakan situasi di Donbass. Kementerian Luar Negeri Rusia menambahkan bahwa pejabat Rusia tidak mempercayai "kewarasan" Kiev.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menunjuk pada kematian ribuan warga sipil di wilayah tersebut, mengatakan bahwa Kiev tidak dihukum atas dugaan pembunuhan, yang katanya diabaikan oleh komunitas internasional.

"Seolah-olah sama sekali tidak terlihat," ujarnya seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (17/4/2021).

Konflik Donbass telah berlangsung sejak 2014 di timur Ukraina. Republik yang dideklarasikan sendiri di wilayah Donetsk dan Lugansk saat ini menguasai sebagian besar tanah dan menganggap diri mereka independen dari Kiev. Sementara Rusia tidak mengakui wilayah yang memisahkan diri ini, Ukraina menuduh Kremlin mendukung mereka.

Pada September 2014, para pemimpin pemberontak menandatangani kesepakatan damai dengan Ukraina, yang dikenal sebagai Protokol Minsk. Dalam beberapa pekan terakhir, Kiev menyarankan agar perjanjian ini diabaikan, dihapus, atau diganti.



"Ini jelas karena intervensi dari penangan Barat," kata Zakharova, menambahkan bahwa Ukraina sedang dipengaruhi untuk mengabaikan kesepakatan Minsk.

"Tapi ini dilakukan dengan sia-sia: skenario pengamanan paksa Donbass, dan terlebih lagi perebutan Crimea, tidak dapat direalisasikan; itu hanya bunuh diri," imbuhnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, dengan ketegangan yang meningkat atas pembangunan militer di kedua sisi perbatasan Rusia-Ukraina, kekhawatiran telah muncul atas konflik yang berpotensi menjadi lebih keras. Beberapa liputan pers secara khusus menyarankan kemungkinan bahwa perang sudah dekat.

Menurut Zakharova, itu adalah kampanye politik dari agresi informasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)