Produksi Uranium Hingga 60%, Iran Sebut Sebagai Balas Dendam ke Israel

Rabu, 14 April 2021 - 15:42 WIB
loading...
Produksi Uranium Hingga 60%, Iran Sebut Sebagai Balas Dendam ke Israel
Iran mengatakan akan memproduksi uranium yang diperkaya hingga 60% sebagai balas dendam atas serangan sabotase fasilitas nuklir Natanz yang dilakukan Israel. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Iran mengatakan akan memproduksi uranium yang diperkaya hingga 60% sebagai "balas dendam" atas serangan sabotase fasilitas nuklir Natanz yang dilakukan Israel . Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan keputusannya untuk meningkatkan pengayaan uranium menjadi 60% merupakan tanggapan terhadap "terorisme" Israel.

"Apa yang Anda lakukan adalah terorisme nuklir. Apa yang kami lakukan adalah legal," tegasnya seperti dikutip dari Deutsche Welle, Rabu (14/4/2021).

Iran pada Selasa mengatakan akan mulai memproduksi uranium yang diperkaya 60%, yang dapat membawa Teheran selangkah lebih dekat untuk membuat bom nuklir.

"Kami berharap dapat mengumpulkan produk minggu depan," tulis Kazem Gharibabadi, duta besar negara untuk Energi Atom Internasional, di Twitter.



Langkah itu akan membawa Iran mendekati ambang kemurnian 90 persen untuk penggunaan militer dan mempersingkat potensi "waktu pelarian" untuk membuat bom atom.

Namun, Gharibabadi mengatakan bahwa langkah tersebut akan meningkatkan secara signifikan kualitas dan kuantitas produk radiofarmasi.

Teheran selalu mengklaim bahwa program nuklirnya untuk kepentingan damai, tujuan medis dan pembangkit listrik.

Pengumuman itu muncul setelah Iran menuduh Israel berada di balik serangan di Natanz, sebuah situs nuklir utama, pada hari Minggu lalu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0828 seconds (0.1#10.140)