Tawarkan Dukungan, Erdogan Serukan Diakhirinya Ketegangan di Ukraina

Minggu, 11 April 2021 - 09:18 WIB
loading...
Tawarkan Dukungan, Erdogan Serukan Diakhirinya Ketegangan di Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan agar perkembangan yang "mengkhawatirkan" di wilayah Donbass Ukraina timur segera berakhir. Erdogan menyatakan Turki siap memberikan dukungan yang diperlukan.

Hal itu dilakukannya setelah bertemu mitranya dari Ukraina di Istanbul.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengadakan pembicaraan lebih dari tiga jam dengan Erdogan di Istanbul sebagai bagian dari kunjungan yang dijadwalkan sebelumnya, di tengah ketegangan antara Kyiv dan Moskow atas konflik di Donbass.

Berbicara pada konferensi pers bersama Zelenskiy, Erdogan mengatakan dia berharap konflik akan diselesaikan secara damai, melalui dialog berdasarkan kebiasaan diplomatik, sejalan dengan hukum internasional dan integritas teritorial Ukraina.

"Kami berharap eskalasi mengkhawatirkan yang diamati di lapangan baru-baru ini berakhir secepat mungkin, gencatan senjata terus berlanjut dan konflik diselesaikan melalui dialog berdasarkan kesepakatan Minsk," kata Erdogan.

"Kami siap memberikan dukungan apa pun yang diperlukan untuk ini," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/4/2021).



Pada gilirannya, Zelenskiy mengatakan posisi Kyiv dan Ankara bertepatan dengan ancaman di Laut Hitam dan tanggapan terhadap ancaman tersebut, serta menambahkan dia memberi pengarahan kepada Erdogan "secara rinci" tentang perkembangan di Donbass.

"Kami membahas secara rinci masalah keamanan dan tindakan balasan bersama untuk tantangan di kawasan Laut Hitam dan perlu dicatat bahwa visi Kyiv dan Ankara bertepatan baik mengenai ancaman itu sendiri dan cara menanggapi ancaman ini," katanya.

Sebagai anggota NATO Turki telah menjalin kerja sama erat dengan Rusia atas konflik di Suriah, Libya dan Nagorno-Karabakh, serta di bidang pertahanan dan energi. Tetapi mereka mengkritik aneksasi Crimea dan mendukung integritas teritorial Ukraina. Turki juga telah menjual drone ke Kyiv pada 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)