Kekerasan Rasial Meningkat, KJRI Chicago Minta WNI Waspada

Rabu, 07 April 2021 - 20:46 WIB
loading...
Kekerasan Rasial Meningkat, KJRI Chicago Minta WNI Waspada
Imbauan ini datang di tengah meningkatnya serangan rasial yang menargetkan warga Asia. Foto/REUTERS
A A A
CHICAGO - Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) Chicago, Amerika Serikat (AS) mengimbau kepada masyarakat Indonesia di wilayah kerja mereka untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan tetap tenang. Imbauan ini datang di tengah meningkatnya serangan rasial yang menargetkan warga Asia.

Menurut keterangan KJRI Chicago yang diterima Sindonews pada Rabu (7/4/2021), imbauan itu disampaikan Konsul Jenderal Indonesia Chicago, Meri Binsar Simorangkir dalam Perayaan Paskah bersama masyarakat Kristiani Indonesia, diIndonesian Christian Church(ICC) di Plymouth, Michigan dan pertemuan dengan perwakilan WNI di Cleveland, Ohio.

Pertemuan di Cleveland dihadiri oleh Imam Masjid Cleveland, perwakilan masyarakat Kristiani, masyarakat Hindu-Bali yang ada di Ohio, serta Persatuan Mahasiswa Indonesia di AS (Permias). Baca juga: Pemerintah Dinilai Harus Pastikan Keamanan WNI di Luar Negeri Terjamin

Meri dalam dua pertemuan itu menyampaikan agar masyarakat Indonesia dapat menjaga diri serta tidak memancing tindak kekerasan dengan menggunakan perhiasan yang berlebihan, membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan berjalan sendirian di tempat gelap.

“Tidak lupa, selalu laporkan kejadian yang dianggap membahayakan ke pihak berwajib serta KJRI. Sedapat mungkin dokumentasikan, serta ingat dengan baik kronologi dan deskripsi pelaku," ujarnya.

Meskipun saat ini tidak terdapat laporan adanya kekerasan yang dialami oleh masyarakat Indonesia di wilayah kerja mereka, KJRI menyebut, adanya imbauan tersebut dinilai sangat bermanfaat dalam meningkatkankewaspadaan.

Sehingga, jelasnya, para WNI mengetahui apa yang harus dilakukan dan kepada siapa harus melaporkan sekiranya terjadi tindak kekerasan.

Namun demikian, KJRI Chicago menuturkan mereka akan terus menyampaikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan dilakukan, tidak hanya dengan turun langsung ke kantong-kantong masyarakat yang ada di wilayah kerja mereka tapi juga melalui media sosial danwebsiteKJRI Chicago.

Wilayah kerja KJRI Chicago sendir meliputi 13 negara bagian yakni Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio, South Dakota dan Wisconsin. Semuanya adalah negara bagian di Midwest AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)