Ukraina Ngebet Jadi Anggota NATO, Rusia: Tidak Ada Gunanya

Selasa, 06 April 2021 - 22:31 WIB
loading...
Ukraina Ngebet Jadi Anggota NATO, Rusia: Tidak Ada Gunanya
Rusia menyatakan bergabungnya Ukraina ke dalam NATO akan memperburuk situasi konflik. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kremlin memberikan tanggapan terkait pernyataan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang mendesak NATO untuk mempercepat keanggotaan negaranya dalam aliansi bentukan Amerika Serikat (AS) itu. Kremlin menyatakan keanggotaan NATO untuk Ukraina hanya akan 'memperburuk' situasi.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa keanggotaan NATO untuk Ukraina tidak akan ada gunanya dalam menyelesaikan konflik.

“Kami sangat meragukan bahwa ini akan membantu Ukraina menyelesaikan masalah domestiknya,” ujar Peskov.

“Dari sudut pandang kami, itu hanya akan memperburuk situasi,” imbuhnya.

"Jika Anda menanyakan pendapat beberapa juta orang yang tinggal di republik yang dideklarasikan sendiri (di timur), Anda akan melihat bahwa bagi mereka keanggotaan NATO sangat tidak dapat diterima," tukasnya seperti dikutip dari TRT, Selasa (6/4/2021).

Diwartakan sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berbicara dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg setelah peningkatan bentrokan dan gerakan militer Rusia di perbatasan menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi konflik separatis di timur Ukraina.

Dalam tweet setelah panggilan telepon, Zelensky mengatakan sudah waktunya bagi NATO untuk bergerak maju dengan keinginan lama Ukraina untuk menjadi anggota.

Dia mengatakan Kiev berkomitmen untuk reformasi pertahanan yang diminta oleh aliansi itu untuk keanggotaan.

"Tapi reformasi saja tidak akan menghentikan Rusia," kata Zelensky, yang pemerintahnya berharap akan diundang tahun ini untuk bergabung dengan Rencana Aksi Keanggotaan NATO (MAP).

"NATO adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri perang di Donbas. PETA Ukraina akan menjadi sinyal nyata bagi Rusia," imbuhnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)