45 Tewas Saat Memberikan Penghormatan Terakhir kepada Mantan Presiden Tanzania

Selasa, 30 Maret 2021 - 17:10 WIB
loading...
A A A
Magufuli meninggal pada usia 61 karena apa yang dikatakan pihak berwenang sebagai kondisi jantung, setelah hilang secara misterius selama hampir tiga minggu, dan pertanyaan tetap mengenai penyebab sebenarnya kematiannya yang menurut pihak oposisi disebabkan COVID-19.

Wakil Magufuli, Samia Suluhu Hassan dilantik sebagai presiden wanita pertama negara itu, dan memimpin upacara pemakaman untuk mengucapkan selamat tinggal.



Pemakaman kenegaraan diadakan di ibu kota Dodoma, sehari setelah insiden, dihadiri oleh para pemimpin dari seluruh benua Afrika.

Magufuli dipuji karena perjuangannya melawan korupsi dan proyek infrastruktur besar-besaran, tetapi dikritik karena menghambat demokrasi dan tindakan keras terhadap media, masyarakat sipil, dan oposisi.

Warisannya juga dirusak oleh penolakannya terhadap pandemi COVID-19, yang membuat Tanzania menolak mengeluarkan data atau mengambil tindakan apa pun untuk membatasi penyebaran virus.

Hassan telah berjanji untuk "memulai di mana Magufuli berakhir" dan semua mata tertuju pada potensi perubahan pada kebijakan negara dan keterbukaan terkait COVID-19.

Pada hari Selasa ia menunjuk Menteri Keuangan Philip Mpango sebagai wakilnya, yang perlu disahkan oleh parlemen.

Mpango bulan lalu muncul dalam video tengah batuk dan terengah-engah pada konferensi pers di luar rumah sakit untuk menghilangkan rumor dia telah meninggal karena COVID-19.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)