AS Perpanjang Pembatasan Perjalanan di Perbatasan Kanada dan Meksiko

Rabu, 20 Mei 2020 - 09:30 WIB
loading...
AS Perpanjang Pembatasan Perjalanan di Perbatasan Kanada dan Meksiko
Pengemudi truk melintasi Jembatan Internasional Seaway dari AS ke Kanada di Cornwall Island, Ontario, Kanada, 25 Maret. Foto/REUTERS/Christinne Muschi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Kanada menyatakan mereka akan memperpanjang larangan untuk perjalanan lintas perbatasan tidak penting hingga 30 hari lagi untuk membantu melawan virus corona.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS menyatakan pembatasan yang pertama diterapkan pada pertengahan Maret itu akan diperpanjang hingga hingga 22 Juni untuk Kanada dan Meksiko.

“Ini keputusan penting yang akan menjaga orang di kedua negara kita aman,” papar Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menjelaskan kesepakatan AS dan Kanada.

Belum ada komentar dari Kementerian Luar Negeri Meksiko mengenai kebijakan itu.

AS juga menyatakan hendak memperpanjang aturan terkait pandemi yang mengizinkan deportasi cepat migran yang tertangkap di perbatasan AS, menurut perintah darurat kesehatan oleh Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit AS.

Aturan perbatasan baru yang pertama dikeluarkan pada Maret dan diperbarui April, akan diperpanjang untuk masa tak terbatas tapi akan ditinjau setiap 30 hari. (Baca Juga: Trump Mengaku Minum Obat Malaria Selama Beberapa Pekan)

Hubungan antara Kanada dan AS membaik sejak memburuk pada Juni 2018, saat Presiden AS Donald Trump menuduh Trudeau lemah.

Pembatasan itu tidak termasuk perdagangan di sepanjang perbatasan yang membentang 8.891 km itu. (Baca Juga: Jepang Akan Bebaskan Lebih Banyak Wilayah dari Status Darurat Corona)
(sya)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1776 seconds (11.210#12.26)