Kapal yang Memblokir Terusan Suez Bergerak Sedikit

Minggu, 28 Maret 2021 - 16:38 WIB
loading...
Kapal yang Memblokir Terusan Suez Bergerak Sedikit
Kapal kontainer Ever Green yang kandas dan memblokir Terusa Suez telah bergerak sedikit. Foto/AAJ
A A A
SUEZ - Upaya untuk mengeluarkan kapal kontainer raksasa yang memblokir Terusan Suez mulai menunjukkan hasil. Buritan dan kemudi kapal telah bergerak. Meskipun begitu, masih belum jelas kapan kapal itu dapat sepenuhnya terbebas dan mengapung kembali.

KapalEver Given , kapal kontainer sepanjang 400 meter, terjepit secara diagonal di bagian selatan kanal di tengah angin kencang pada Selasa pagi, membuatnya memblokir salah satu jalur air tersibuk di dunia.

Dua sumber otoritas Terusan Suez (SCA) mengatakan kombinasi material pengerukan dari sekitar kapal dan menarik serta mendorong kapal dengan kapal tug membuat kemajuan kecil untuk membebaskan kapal pada hari Sabtu. Salah satu sumber mengatakan telah terjadi beberapa gerakan di haluan kapal.

Ketua SCA Osama Rabie mengatakan kepada stasiun TV lokal bahwa air mulai mengalir di bawah kapal.

"Kami berharap setiap saat kapal bisa meluncur dan bergerak dari tempatnya," katanya dalam konferensi pers sebelumnya seperti dilansir dari Reuters, Minggu (28/3/2021).



Sekitar 15% lalu lintas pelayaran dunia melewati kanal dan ratusan kapal menunggu untuk lewat begitu penyumbatan berhasil diatasi.

Rabie mengatakan dia berharap tidak perlu memindahkan sebagian dari 18.300 kontainer di atas kapal untuk meringankan beban kapal, tetapi gelombang pasang dan angin kencang mempersulit upaya untuk membebaskannya.

"Buritan kapal mulai (pada hari Jumat) bergerak menuju Suez, dan itu pertanda positif hingga pukul 11 malam, tetapi air pasang turun secara signifikan dan kami berhenti,” ujar Rabie.

Kapal keruk memindahkan sekitar 20.000 ton pasir dari sekitar haluannya pada hari Jumat. Sebuah perusahaan Belanda yang bekerja untuk membebaskan kapal tersebut mengatakan kapal tersebut dapat dibebaskan pada awal minggu depan jika kapal tug yang lebih berat, pengerukan, dan air pasang berhasil melepaskannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)