China Sanksi Pejabat AS dan Legislator Kanada

loading...
China Sanksi Pejabat AS dan Legislator Kanada
China terus memberikan sanksi balasan terhadap sejumlah entitas dan individu dari sejumlah negara terkait permasalahan di Xinjiang. Foto/Ilustrasi
BEIJING - China menjatuhkan sanksi kepada dua pejabat hak kebebasan beragama Amerika Serikat (AS) dan seorang anggota parlemen Kanada .

Sanksi tersebut adalah peningkatan terbaru dalam perselisihan yang berkembang antara negara-negara Barat dan Beijing atas perlakuan terhadap etnis dan agama minoritas di China, khususnya di provinsi Xinjiang .

Baca juga: Dianggap Sebar 'Hoaks' Soal Xinjiang, China Sanksi Anggota Parlemen Inggris

Sanksi China menargetkan ketua dan wakil ketua Komisi Kebebasan Beragama Internasional AS, USCRIF, Gayle Manchin dan Tony Perkins. USCIRF mengutuk perlakuan China terhadap populasi Muslim Uighur di Xinjiang dan mendukung sanksi AS baru-baru ini terhadap pejabat China.

Beijing juga menargetkan anggota parlemen Kanada Michael Chong, yang merupakan wakil ketua komite urusan luar negeri parlemen Kanada. Sub-komite urusan luar negeri untuk hak asasi manusia internasional parlemen Kanada juga dikenai sanksi.

Komite urusan luar negeri parlemen Kanada merilis laporan awal bulan ini, berdasarkan pertemuan di sub-komite, yang menyimpulkan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur di China merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida .



Baca juga: Parlemen Kanada: Perlakuan China terhadap Muslim Uighur Genosida!

Sanksi China melarang para pejabat memasuki daratan China, Hong Kong dan Macao serta melarang warga dan institusi China melakukan bisnis. Sanksi tersebut juga melarang melakukan pertukaran dengan subkomite hak asasi manusia seperti dikutip dari CNBC, Minggu (28/3/2021).

Sanksi itu datang sebagai tanggapan atas tindakan hukuman yang diterapkan AS terhadap dua pejabat China awal pekan ini. Pemerintah Biden mengatakan pihaknya memberlakukan sanksi itu sebagai tanggapan atas pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur .

Sanksi AS menargetkan Wang Junzheng, sekretaris komite partai dari Korps Produksi dan Konstruksi Xinjiang, dan Chen Mingguo, direktur Biro Keamanan Umum Xinjiang.



Kedua pejabat itu menjadi sasaran terkait dengan penahanan sewenang-wenang dan pelecehan fisik yang parah, di antara pelanggaran hak asasi manusia yang serius yang menargetkan Uighur, kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan Senin lalu.

Kanada juga menjatuhkan sanksi terhadap pejabat China atas perlakuan terhadap Uighur.

Baca juga: China Desak AS dan Inggris Hentikan Kekerasan Rasial Terhadap Warga Asia
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top