Korut Uji Coba Rudal, DK PBB Bakal Gelar Pertemuan Luar Biasa

loading...
Korut Uji Coba Rudal, DK PBB Bakal Gelar Pertemuan Luar Biasa
DK PBB dilaporkan akan menggelar pertemuan luar biasa terkait uji coba rudal Korut. Foto/Foto/Twitter @AuroraIntel
NEW YORK - Dewan Keamanan (DK) PBB akan bertemu pada Selasa (30/3/2021) untuk melakukan konsultasi luar biasa yang dilakukan secara tertutup. Pertemuan itu digelar terkait peluncuran rudal oleh Korea Utara (Korut).

Menurut sumber diplomatik di DK PBB, pertemuan tersebut diminta oleh Prancis atas nama anggota Dewan Eropa (Prancis, Inggris, Estonia, Irlandia, Norwegia).

"Diharapkan itu akan diadakan pada hari Selasa dalam format tertutup," kata sumber itu seperti dikutip dari kantor berita Rusia, TASS, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Biden Awalnya Tertawakan Tembakan Rudal Korut, tapi Kini Mengancam

Korut meluncurkan dua rudal balistik menuju Laut Jepang pada hari Kamis untuk pertama kalinya sejak 29 Maret 2020. Uji coba peluncuran rudal tersebut dicatat oleh Penjaga Pantai Jepang dan dikonfirmasi oleh militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS).



Menurut data Kementerian Pertahanan Jepang, kedua rudal tersebut terbang hingga jarak sekitar 450 km, meluncur ke titik penerbangan tertinggi kurang dari 100 km. Mereka berada di luar zona ekonomi eksklusif Jepang. Sementara itu, militer Korsel melaporkan bahwa rudal tersebut telah terbang ke titik tertinggi 60 km dan terbang hingga jarak sekitar 430 km.

Pada hari Jumat, Pyongyang mengkonfirmasi bahwa mereka telah menguji dua rudal taktis baru pada 25 Maret. Sebuah laporan yang diterbitkan di surat kabar sentral Rodong Sinmun mengatakan bahwa rudal baru, yang dapat membawa muatan seberat hingga 2,5 ton, terbang sekitar 600 km sebelum jatuh pada suatu titik di Laut Jepang.

Baca juga: Korea Utara Akui Uji Coba Dua Rudal Taktis Tipe Baru
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top