Kecam Uji Coba Rudal Korut, Biden Disebut Salah Langkah

Sabtu, 27 Maret 2021 - 08:43 WIB
loading...
Kecam Uji Coba Rudal Korut, Biden Disebut Salah Langkah
Petinggi Korut menyebut Presiden AS Joe Biden telah salah langkah dengan mengecam uji coba rudal yang dilakukan Pyongyang. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) mengatakan pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah melakukan kesalahan dalam mengambil langkah pertamadan mengungkapkan permusuhan yang mendalam dengan mengkritik uji coba rudal yang disebut Pyongyang sebagai pertahanan diri.

Korut pada hari Jumat mengatakan telah meluncurkan rudal balistik taktis jarak pendek jenis baru. Biden mengatakan tes itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB tetapi dia tetap terbuka untuk diplomasi dengan Pyongyang.



Sekretaris Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa di Korut, Ri Pyong-chol mengatakan, tes itu bersifat pertahanan diri terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Selatan (Korsel) dan AS dengan latihan militer gabungan dan senjata canggih mereka.

"Kami mengungkapkan keprihatinan mendalam kami kepada kepala eksekutif AS yang menyalahkan uji coba reguler, pelaksanaan hak negara kami untuk membela diri, sebagai pelanggaran 'resolusi' PBB dan secara terbuka mengungkapkan permusuhannya yang mendalam," kata Ri dalam sebuah pernyataan yang dimuat oleh kantor berita resmi Korut, KCNA, yang disitir Reuters, Sabtu (27/3/2021).

"Pernyataan Biden adalah pelanggaran tersembunyi atas hak negara kami untuk membela diri dan provokasi," sambungnya.

Ri menambahkan Washington mungkin akan menghadapi sesuatu yang tidak baik jika terus membuat pernyataan yang tidak dipikirkan.

"Kami sama sekali tidak mengembangkan senjata untuk menarik perhatian seseorang atau mempengaruhi kebijakannya," cetus Ri.



"Saya pikir pemerintahan AS yang baru jelas mengambil langkah pertama yang salah," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)