China Ajak Rusia Bersatu Lawan 'Virus Politik' Barat

Selasa, 09 Maret 2021 - 19:34 WIB
loading...
China Ajak Rusia Bersatu Lawan Virus Politik Barat
China ajak Rusia bekerja sama memerangi virus politik Barat. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Dalam menghadapi disinformasi Barat dan campur tangan asing, Rusia dan China harus bekerja sama untuk mengatasi tidak hanya pandemi COVID-19 , tetapi juga ancaman yang bermutasi dengan cepat di panggung dunia. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

"China dan Rusia selalu menjadi pilar perdamaian dan stabilitas di dunia," kata Wang Yi dalam sidang Kongres Rakyat Nasional, atau parlemen China, pada hari Minggu lalu.

"Sejarah menunjukkan bahwa semakin tidak stabil dan bergejolak dunia ini, semakin menentukan kerja sama antara China dan Rusia," katanya seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (9/3/2021).



Pada saat yang sama, Yi mengumumkan bahwa kedua negara akan membangun model saling percaya strategis, saling mendukung dengan kuat dalam menegakkan kepentingan fundamental, menggabungkan kekuatan melawan 'revolusi warna', dan melawan semua jenis informasi palsu, dan mempertahankan kedaulatan dan keamanan politik.

Dia mencatat bahwa China dan Rusia bekerja sama "berdampingan" dalam perang melawan pandemi virus Corona, dan siap untuk bekerja sama untuk melawan virus politik bersama-sama.

Diplomat top Beijing tersebut secara khusus menyebut Washington sebagai potensi ancaman bagi otonomi China. Meski begitu, ia tetap membuka pintu kerja sama dengan Amerika Serikat (AS).



"Kami siap untuk mengeksplorasi dan bekerja sama secara terbuka dengan AS...dan kami tidak akan membuat hambatan baru secara artifisial," tegasnya.

Beijing dan Moskow telah mengupayakan hubungan yang lebih dekat dalam beberapa tahun terakhir dengan latar belakang sanksi, sengketa perdagangan, dan hubungan yang semakin tegang dengan Barat. Pada tahun 2019, Presiden China Xi Jinping menggambarkan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, sebagai "sahabatnya". Pada akhir tahun lalu, pada prinsipnya keduanya sepakat untuk dengan teguh mengembangkan kemitraan yang semakin erat dan untuk secara efektif menolak setiap upaya untuk menekan dan memecah belah kedua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)