Dewan Sebut RT/RW Punya Peran Penting di Lingkungan Masyarakat

Minggu, 07 Maret 2021 - 15:47 WIB
loading...
Dewan Sebut RT/RW Punya Peran Penting di Lingkungan Masyarakat
Anggota DPRD Seruyan Arahman (lima dari kanan) beserta anggota dewan lainnya saat uji publik dua Raperda Inisiatif DPRD Seruyan di Kecamatan Hanau dan Batu Ampar beberapa waktu lalu. iNews TV/Sigit
A A A
SERUYAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Kalteng menilai jika peran Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting.

"Saya menilai kalau peran RT/RW dalam kehidupan bermasyarakat itu sangatlah penting, hal ini mengingat mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat ," kata Anggota DPRD Seruyan Arahman, Minggu (7/3/2021).

Dikatakan, RT/RW Mempunyai fungsi sebagai pengkoordinasi antar warga, jembatan aspirasi antar sesama masyarakat dengan pemerintah daerah serta menjadi penengah penyelesaian masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warga.

Dengan adanya peran RT/RW yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayahnya masing-masing, tentu memegang peranan penting pula dalam proses pembangunan di desa.

Hal ini dikarenakan kebanyakan hal yang berkaitan dengan program pembangunan, RT/RW punya peran pertama dalam mengkoordinir apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakatnya sebelum nanti direalisasikan oleh desa atau pemerintah daerah. Baca: Ada Mitos Pantangan Masuk Dusun Ngaglik, Membuat Warganya Terbelenggu Kemiskinan.

"Misalnya ada program bantuan dari pemerintah, itukan biasanya yang memulai melakukan pendataan dari RT kemudian disampaikan kepihak desa lalu diusulkan ke pemerintah," ujarnya.

Maka dari itu, ia mengharapkan agar peran RT/RW di wilayah masing-masing bisa terus ditingkatkan dan tetap menjadi jembatan antar masyarakat serta bisa memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan desa. Baca Juga: Cemburu Lihat Istri Selingkuh! Petani Bacok Teman Sendiri hingga Meregang Nyawa.

"Ya kalau dipikir-pikir memang tugas mereka cukup berat, makanya dulu waktu ada wacana kenaikan gaji RT/RW dari Pemda saya sangat mendukung," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)