Iran Ancam Akhiri Kesepakatan dengan IAEA

Jum'at, 26 Februari 2021 - 19:31 WIB
loading...
Iran Ancam Akhiri Kesepakatan dengan IAEA
Iran ancam akhiri kesepakatan dengan IAEA. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
WINA - Iran mengancam untuk mengakhiri kesepakatan yang dicapai dengan pengawas nuklir PBB akhir pekan lalu jika dewan badan tersebut mendukung dorongan yang dipimpin Amerika Serikat (AS) untuk mengkritik Teheran minggu depan.

AS menginginkan resolusi untuk mengungkapkan keprihatinan Dewan yang mendalam sehubungan dengan kerja sama Iran dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Itu tertuang dalammakalahyang dikirim ke negara-negara anggota IAEA jelang pertemuan triwulanan Dewan Gubernur pengawas nuklir PBB itu pada minggu depan.

Iran dan IAEAberhasil mencapai kesepakatan pada pekan lalu yang untuk sementara waktu menyelamatkan pemantauan atas kegiatan nuklirnya.





Dalam makalahnya, AS mengatakan dewan harus meminta Iran untuk mengakhiri pelanggaran kesepakatan dan bekerja sama dengan IAEA guna menjelaskan bagaimana partikel uranium ditemukan di situs lama yang tidak diumumkan. Temuan ini pertama kali dilaporkan oleh Reuters dan dikonfirmasi dalam laporan IAEA minggu ini.

"Iran menganggap langkah ini sebagai tindakan yang merusak dan menganggapnya sebagai akhir dari Kesepakatan Bersama pada 21 Februari 2021 antara Badan dan Republik Islam Iran," kata Iran dalam makalahnya sendiri yang dikirim ke negara lain mengacu pada kesepakatan akhir pekan dengan ketua IAEA Rafael Grossi.

"Hal itu, pada gilirannya, dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut dalam kaitannya dengan JCPOA," sambung laporan itu merujuk pada perjanjian nuklir 2015 seperti dikutip dari Metro, Jumat (26/2/2021).



Laporan itu menambahkan bahwa Prancis, Inggris, Jerman dan Amerika Serikat telah mengungkapkan rencana mereka untuk resolusi dewan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)