Kecam Upaya Kudeta, PM Armenia Turun ke Jalan

Jum'at, 26 Februari 2021 - 16:42 WIB
loading...
Kecam Upaya Kudeta, PM Armenia Turun ke Jalan
Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, turun ke jalan untuk mengecam upaya kudeta yang dilakukan oleh militer. Foto/Al Araby
A A A
YEREVAN - Perdana Menteri Armenia , Nikol Pashinyan, menuduh militer melakukan percobaan kudeta dan membawa pendukungnya turun ke jalan, karena ketegangan berbulan-bulan atas kekalahannya dalam perang tahun lalu dengan Azerbaijan memuncak.

Ribuan orang berbaris di jalan-jalan Ibu Kota Yerevan untuk mendukung Pashinyan. Mereka berbaris melalui jalan-jalan di pusat kota Yerevan, meneriakkan "Perdana Menteri Nikol!"

Berbicara kepada pendukung melalui megafon, Pashinyan meminta kepada para pendukungnya untuk tenang, karena puluhan polisi dikerahkan di luar kantor utama pemerintah.



"Situasinya tegang, tapi kita harus sepakat bahwa tidak boleh ada bentrokan," kata Pashinyan, yang ikut dalam pawai bersama istri, putri, menteri, dan petugas keamanannya seperti dikutip dari Al Araby, Jumat (26/2/2021).

Dia mengatakan situasi di negara itu terkendali dan bahwa seruan militer telah menjadi "reaksi emosional" terhadap pemecatannya sehari sebelumnya terhadap wakil kepala staf umum Tigran Khachatryan.

Sementara itu, oposisi Armenia mendesaknya untuk memperhatikan seruan militer. Kelompok oposisi telah menyerukan pengunduran diri Pashinyan sejak kesepakatan gencatan senjata wilayah Nagorno-Karabakh pada November yang menyebabkan Armenia kehilangan sejumlah wilayah.

"Kami menyerukan kepada Nikol Pashinyan untuk tidak memimpin negara menuju perang saudara dan untuk menghindari pertumpahan darah. Pashinyan memiliki satu kesempatan terakhir untuk menghindari kekacauan," kata partai oposisi terbesar di negara itu, Prosperous Armenia, dalam sebuah pernyataan.

Prosperous Armenia dan partai oposisi lainnya, Bright Armenia, menyerukan diadakannya sidang parlemen luar biasa yang dikendalikan oleh sekutu Pashinyan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)