Media AS: Jet Tempur Siluman F-35 Mahal dan Tak Bisa Diandalkan

Kamis, 25 Februari 2021 - 11:36 WIB
loading...
A A A
Para pemimpin Pentagon telah mengisyaratkan bahwa, sebagai bagian dari pergeseran fokus militer AS ke arah ancaman sejawat—yaitu, Rusia dan China—Angkatan Laut dan Angkatan Udara mungkin mendapatkan bagian yang lebih besar dari anggaran tahunan militer AS sekitar USD700 miliar. Semua dengan biaya Angkatan Darat.

“Jika kita akan menarik pelatuk pada fighter baru, mungkin sekaranglah waktunya,” kata Grazier. Angkatan Udara dapat mengakhiri produksi F-35 hanya dengan beberapa ratus contoh dan mengalihkan puluhan miliar dolar ke program pesawat tempur baru.

Tapi pertanyaan terbukanya apakah Angkatan Udara akan pernah berhasil mengembangkan pesawat tempur yang ringan dan murah. Jet low-end baru bisa mengalami nasib yang sama dengan jet low-end terakhir—F-35—dan terus bertambah berat, kompleksitas, dan harganya hingga menjadi jet high-end.

Jika itu terjadi, seperti yang terjadi sebelumnya, beberapa kepala staf Angkatan Udara di masa depan mungkin akan memberi tahu wartawan—pada, katakanlah, tahun 2041—bahwa F-36 baru adalah Ferrari dan Anda tidak mengemudikan Ferrari Anda untuk bekerja setiap hari .

Untuk akhirnya mengganti F-16 yang berusia 60 tahun, Brown sang jenderal masa depan AS itu kemungkinan berkata; Angkatan Udara harus mengembangkan pesawat tempur ringan yang terjangkau.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)