Cegah Iran Dapatkan Senjata Nuklir, Israel 'Akan Lakukan Segalanya'

loading...
Cegah Iran Dapatkan Senjata Nuklir, Israel Akan Lakukan Segalanya
Israel "akan lakukan segalanya" untuk mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir. Foto/Ilustrasi/Sindonews
TEL AVIV - Israel tidak akan bergantung pada perjanjian nuklir Iran dan akan "melakukan segalanya" untuk mencegah kepemimpinanTeheran mendapatkan senjata nuklir. Hal itu ditegaskan oleh Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu .

“Israel tidak menggantungkan harapannya pada kesepakatan dengan rezim ekstremis seperti (Iran). Kami sudah melihat berapa nilai perjanjian ini dengan Korea Utara,” kata Netanyahu pada upacara peringatan Pertempuran Tel Hai tahun 1920.

“Dengan atau tanpa kesepakatan, kami akan melakukan segalanya sehingga (Iran tidak) dipersenjatai dengan senjata nuklir,” imbuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (24/2/2021).





Pernyataan Netanyahu muncul setelah dia mengadakan pertemuan strategis yang mencakup Menteri Pertahanan Benny Gantz, Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, Kepala Staf IDF Letjen. Aviv Kochavi, dan kepala Mossad Yossi Cohen. Pertemuan itu membahas kesediaan pemerintahan Biden untuk bernegosiasi dengan Iran mengenai kesepakatan nuklir.

Pada 2015, Iran menandatangani Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) dengan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Jerman, dan Uni Eropa. Perjanjian ini mengharuskan Iran untuk mengurangi program nuklirnya dengan imbalan keringanan sanksi. Pemerintahan Trump secara sepihak menarik Amerika Serikat (AS) dari kesepakatan itu pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran.

Ini mendorong Iran untuk mengumumkan bahwa mereka secara bertahap akan meninggalkan kewajibannya berdasarkan kesepakatan JCPOA, pertama-tama, batasan pengayaan uranium.



Baca juga: Iran Dapat Memperkaya Uranium hingga Kemurnian 60% Jika Diperlukan
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top