Tekan AS, Presiden Meksiko Minta Penjelasan Penangkapan Istri El Chapo

Rabu, 24 Februari 2021 - 00:18 WIB
loading...
Tekan AS, Presiden Meksiko Minta Penjelasan Penangkapan Istri El Chapo
Tekan AS, Presiden Meksiko meminta penjelasan penangkapan istri El Chapo, Emma Coronel Aispuro. Foto/CTV News
A A A
MEXICO CITY - Presiden Meksiko mengatakan penangkapan istri raja narkoba yang dipenjara Joaquin " El Chapo " Guzman di Amerika Serikat (AS) adalah masalah AS, meskipun ia mendesak pihak berwenang di utara perbatasan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang kasusnya.

Emma Coronel Aispuro ditangkap di bandara di luar Washington dan dituduh membantu Guzman terus menjalankan kartel narkoba selama penahanannya.



Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers pagi hari bahwa dia berharap pemerintah AS akan membagikan lebih banyak informasi tentang penangkapan itu.



"Ini masalah yang akan diputuskan oleh Amerika Serikat," katanya, berspekulasi bahwa penangkapannya mungkin terkait dengan kasus mantan Menteri Keamanan Meksiko Genaro Garcia Luna, yang juga dituntut secara pidana tahun lalu di pengadilan AS seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/2/2021).

Coronel Aispuro, mantan ratu kecantikan berusia 31 tahun, adalah peserta tetap pada persidangan profil tinggi suaminya di New York dua tahun lalu di mana dia dihukum karena memperdagangkan berton-ton narkoba ke Amerika Serikat.

Dia didakwa oleh Departemen Kehakiman AS dengan konspirasi untuk mengimpor obat-obatan termasuk heroin, kokain dan metamfetamin ke Amerika Serikat, dan diperkirakan akan muncul di pengadilan di Washington pada Selasa malam.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)