Iran: Tidak Ada Pembicaraan Langsung dengan Washington Soal Tahanan AS

Senin, 22 Februari 2021 - 15:14 WIB
loading...
Iran: Tidak Ada Pembicaraan Langsung dengan Washington Soal Tahanan AS
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh mengatakan, tidak ada komunikasi langsung dengan AS tentang masalah apa pun, termasuk masalah tahanan. Foto/Ist
A A A
TEHERAN - Iran menolak pernyataan penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan soal tahanan asal Amerika Serikat (AS) di Teheran. Sullivan mengatakan, pembicaraan langsung telah dimulai dengan Teheran mengenai pembebasan warga AS yang ditahan di Iran.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh mengatakan, tidak ada komunikasi langsung dengan AS tentang masalah apa pun, termasuk masalah tahanan.

"Prioritas Teheran adalah untuk mengamankan pembebasan tahanan Iran yang ditahan di penjara AS dan masalah tersebut telah dibawa ke Kedutaan Besar Swiss di Teheran, yang mewakili kepentingan AS di negara itu," ujar Khatibzadeh, seperti dilansir Anadolu Agency pad Senin (22/2/2021).

Sebelumnya, Sullivan mengatakan bahwa AS telah mulai berkomunikasi dengan Teheran atas penahanan warga Amerika di Iran. Dia menyebut masalah itu sebagai pelanggaran serius.

Iran telah menangkap lusinan warga negara ganda, termasuk beberapa orang Amerika, dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar atas tuduhan spionase.

Aktivis hak asasi menuduh negara itu mencoba menggunakan penahanan untuk memenangkan konsesi dari negara lain, meskipun Teheran menolak tuduhan itu.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS News, Sullivan mengatakan bahwa itu adalah prioritas signifikan dari pemerintahan Presiden Joe Biden untuk membuat orang-orang Amerika itu pulang dengan selamat. "Kami telah mulai berkomunikasi dengan Iran tentang masalah ini," kata Sullivan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)