Taliban Peringatkan NATO untuk Tidak Perpanjang Perang

Minggu, 14 Februari 2021 - 15:39 WIB
loading...
Taliban Peringatkan NATO untuk Tidak Perpanjang Perang
Taliban peringatkan NATO untuk tidak memperpanjang perang. Foto/Politico
A A A
KABUL - Kelompok Taliban memperingatkan NATO agar tidak mengupayakan perang berlanjut, karena aliansi itu mempertimbangkan penarikan pasukan dari Afghanistan .

Para menteri pertahanan dari sekutu yang didukung Washington itu akan bertemu pada minggu depan untuk membahas apakah misi NATO yang berkekuatan 10.000 orang - sebagian besar menjalankan peran dukungan - harus tetap atau pergi dari Afghanistan, karena Taliban mengamuk.

"Pesan kami untuk pertemuan tingkat menteri NATO yang akan datang adalah bahwa kelanjutan pendudukan dan perang bukanlah untuk kepentingan Anda maupun untuk kepentingan Anda dan rakyat kami," kata Taliban dalam sebuah pernyataan.



"Siapa pun yang mencari perpanjangan perang dan pendudukan akan dimintai pertanggungjawaban seperti dua dekade sebelumnya," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (14/2/2021).

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah berulang kali menegaskan bahwa anggota aliansi harus memutuskan "bersama" tentang masa depan misi mereka di Afghanistan. Dia berharap Biden akan berkoordinasi lebih erat dengan sekutunya.

"Jika kami memutuskan untuk pergi, kami berisiko membahayakan proses perdamaian, kami berisiko kehilangan keuntungan yang telah kami buat dalam perang melawan terorisme internasional selama beberapa tahun terakhir," kata kepala NATO itu awal bulan ini.



"Jika kami memutuskan untuk tinggal, kami berisiko terus berada dalam operasi militer yang sulit di Afghanistan dan kami berisiko meningkatkan kekerasan juga terhadap pasukan NATO," imbuhnya.

Mantan presiden Donald Trump telah mencapai kesepakatan dengan Taliban tahun lalu di mana Amerika Serikat (AS) menyetujui pasukan asing akan meninggalkan Afghanistan pada Mei 2021 dengan imbalan persyaratan termasuk memutuskan hubungan dengan al-Qaeda dan membuka pembicaraan damai dengan pemerintah Kabul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)