Obama Kritik Keras Penanggulangan Covid-19 di AS

Minggu, 17 Mei 2020 - 10:57 WIB
loading...
Obama Kritik Keras Penanggulangan Covid-19 di AS
Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama mengkritik beberapa pejabat yang mengawasi upaya penanggulangan Covid-19. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama mengkritik beberapa pejabat yang mengawasi upaya penanggulangan Covid-19. Dia mengatakan bahwa pandemi menunjukkan banyak pejabat bahkan tidak berpura-pura bertanggung jawab.

Pernyataan mengejutkan itu disampaikan Obama dalam "Show Me Your Walk, HBCU Edition," sebuah acara siaran langsung selama dua jam untuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam yang disiarkan di YouTube, Facebook dan Twitter.

"Lebih dari segalanya, pandemi ini telah sepenuhnya, akhirnya merobohkan tirai pada gagasan bahwa begitu banyak orang yang bertanggung jawab tahu apa yang mereka lakukan," kata Obama.

"Banyak dari mereka bahkan tidak berpura-pura bertanggung jawab," sambungnya tanpa menyebut nama dalam acara tersebut, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (17/5/2020).

Obama kemudian menuturkan bahwa pandemi seperti ini semakin menyoroti ketidaksetaraan yang mendasari dan beban ekstra yang harus dihadapi komunitas kulit hitam di AS.

"Kami melihatnya dalam dampak Covid-19 yang tidak proporsional pada komunitas kami, seperti yang kita lihat ketika seorang pria kulit hitam pergi joging dan beberapa orang merasa mereka bisa berhenti dan bertanya dan menembaknya jika dia tidak tunduk pada pertanyaan mereka," ucapnya, merujuk pada penembakan Ahmaud Arbery, pada Februari, yang terbunuh saat tengah lari di jalan perumahan di Georgia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)