Situs Masjid Era Generasi setelah Nabi Muhammad SAW Ditemukan di Israel

Jum'at, 29 Januari 2021 - 09:44 WIB
loading...
Situs Masjid Era Generasi setelah Nabi Muhammad SAW Ditemukan di Israel
Situs masjid purba yang dibangun satu generasi setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW ditemukan di Tiberias, Israel. Foto/Hebrew University
A A A
TIBERIAS - Arkeolog di Israel telah menemukan situs masjid dari awal periode Islam selama penggalian di kota utara Tiberias. Menurut arkeolog, situs masjid itu dibangun kira-kira satu generasi setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW .

Fondasi masjid tersebut digali tepat di selatan Laut Galilea oleh tim arkeolog Universitas Ibrani Yerusalem. Itu menjadi salah satu rumah ibadah muslim paling awal yang akan dipelajari oleh para arkeolog.



“Kami tahu tentang banyak masjid awal yang didirikan tepat pada awal periode Islam,” kata Katia Cytryn-Silverman, seorang spesialis arkeologi Islam di Universitas Ibrani yang memimpin penggalian, seperti dikutip The Guardian, Jumat (29/1/2021).

Masjid lain yang berasal dari sekitar waktu yang sama, seperti Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Agung Damaskus, dan masjid al-Aqsa Yerusalem, masih digunakan sampai sekarang.

Cytryn-Silverman mengatakan penggalian masjid di Tiberias memberikan kesempatan langka untuk mempelajari arsitektur rumah salat umat Islam dalam masa pertumbuhan, dan temuan tersebut menunjukkan toleransi terhadap agama lain oleh para pemimpin Islam periode awal. Dia mengumumkan temuannya bulan ini dalam konferensi virtual.

Baca juga: Arkeolog Israel Temukan Pewarna Ungu Masa Kerajaan Nabi Daud

Ketika masjid dibangun sekitar 670 AD atau Masehi, Tiberias telah menjadi kota yang diperintah kaum muslim selama beberapa dekade. Dinamai setelah kaisar kedua Roma sekitar tahun 20 Masehi, kota ini adalah pusat utama kehidupan dan beasiswa Yahudi selama hampir lima abad. Sebelum penaklukannya oleh tentara muslim pada tahun 635, kota Byzantium adalah rumah bagi salah satu konstelasi situs suci Kristen yang menghiasi garis pantai Laut Galilea.



Di bawah pemerintahan muslim, Tiberias menjadi ibu kota provinsi di kerajaan Islam awal dan berkembang menjadi terkenal. Khalifah awal membangun istana di pinggirannya di sepanjang tepi danau. Namun hingga saat ini, hanya sedikit yang diketahui tentang masa lalu muslim awal kota itu.

Gideon Avni, kepala arkeolog Otoritas Purbakala Israel, yang tidak terlibat dalam penggalian, mengatakan penemuan itu membantu menyelesaikan perdebatan ilmiah tentang kapan masjid mulai menstandarkan desainnya, menghadap ke arah Makkah.

"Dalam temuan arkeologi, sangat jarang ditemukan masjid-masjid purba,” katanya.

Sejak awal tahun lalu, pandemi virus corona telah menghentikan penggalian, dan rerumputan, tumbuhan, dan gulma yang subur tumbuh di atas reruntuhan. Universitas Ibrani dan mitranya di Institut Arkeologi Protestan Jerman berencana untuk memulai kembali penggalian bulan depan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)