Taiwan Usir 3.969 Kapal China Pencuri Pasir

Selasa, 26 Januari 2021 - 09:43 WIB
loading...
Taiwan Usir 3.969 Kapal China Pencuri Pasir
Kapal-kapal coast guard Taiwan saat berpatroli. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Taiwan mengusir 3.969 kapal China yang secara ilegal mengeruk pasir dari perairannya sepanjang tahun 2020. Jumlah kapal-kapal pencuri pasir itu meningkat lebih dari enam kali lipat dari tahun sebelumnya ketika Beijing berupaya untuk menambah tekanan terhadap pulau demokrasi tersebut.

China telah mengambil nada yang semakin agresif terhadap Taiwan di bawah Presiden Xi Jinping—terutama selama 12 bulan terakhir dengan jet-jet tempur dan pesawat pembom Beijing berdengung di dekat pulau itu.



Namun perairan di sekitar Taiwan telah menjadi zona panas lainnya.

Coast guard (penjaga pantai) Taiwan mengatakan kepada AFP bahwa mereka mencatat lonjakan besar kapal pengeruk pasir China yang secara ilegal memasuki perairannya.

Hingga November tahun lalu, coast guard Taiwan telah mengusir 3.969 kapal China pengeruk pasir. Pada 2019, sekitar 600 China pengeruk pasir diusir dan pada 2018 sebanyak 71 kapal diusir.

Para pemimpin China memandang Taiwan sebagai wilayah mereka dan telah berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan kekerasan jika perlu.

Beijing telah meningkatkan tekanan ekonomi dan diplomatik sejak Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menjabat pada tahun 2016, karena pemimpin perempuan itu menolak gagasan bahwa pulau itu adalah bagian dari kebijakan "satu China".



Jet-jet tempur China mencatatkan rekor 380 serangan ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan tahun lalu karena para analis memperingatkan ketegangan berada di titik tertinggi sejak pertengahan 1990-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)