Presiden Iran: Penyerbuan US Capitol Ungkap Kelemahan Demokrasi Barat

Sabtu, 09 Januari 2021 - 18:02 WIB
loading...
Presiden Iran: Penyerbuan US Capitol Ungkap Kelemahan Demokrasi Barat
Presiden Iran Hassan Rouhani. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan penyerbuan gedung US Capitol oleh para pendukung Presiden Donald Trump mengungkap kelemahan dan kegagalan demokrasi Barat.

“Trump, menurut Rouhani, adalah orang yang tidak layak yang mempermalukan negaranya,” ungkap portal berita Iran.

"Kita telah melihat kerusakan apa yang ditimbulkan orang populis terhadap negaranya sendiri dalam empat tahun terakhir, membawa aib bagi bangsanya sementara juga menimbulkan kerusakan besar di wilayah kami, di Palestina, Suriah dan Yaman," tegas Rouhani, dilansir Tehran Times.

Presiden Iran: Penyerbuan US Capitol Ungkap Kelemahan Demokrasi Barat


Dia menambahkan, “Secara alami, ketika orang yang tidak layak mengambil alih kekuasaan di suatu negara, negara ini dan dunia akan menghadapi banyak masalah.” (Baca Juga: Khamenei Ejek Kerusuhan Capitol AS, Sebut Balas Dendam Tuhan)

Sebelumnya, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengejek kekacauan di Amerika Serikat (AS) setelah massa pendukung Presiden Donald Trump menyerbu US Capitol di Washington. (Baca Juga: Mayoritas Rakyat AS Ingin Trump Segera Dipecat setelah Rusuh US Capitol)

Petinggi Iran itu menyebutnya sebagai balas dendam Tuhan atas campur tangan Amerika di Timur Tengah. (Lihat Video: Anies Baswedan Berlakukan Pembatasan Aktivitas Masyarakat Mulai 11 Januari 2021)

Dalam pidato 50 menit pada Jumat (8/1), Khamenei membahas transisi kekuasaan di AS dengan menyebut politik Amerika sebagai "kegagalan".

"Ini adalah demokrasi mereka. Ini adalah situasi pemilu mereka," ujar Khamenei sambil menyeringai.

"Pernahkah Anda melihat situasi di AS? Ini adalah demokrasi mereka dan ini adalah kegagalan pemilu mereka," tulis Khamenei di Twitter. "Saat ini, AS dan 'nilai-nilai Amerika' diejek bahkan oleh teman-teman mereka.”

Dia mengatakan AS telah diberi ganjaran karena memicu ketegangan di Iran pada 2009.

“AS secara terbuka mengatakan kepentingannya membutuhkan ketidakstabilan di kawasan ini. AS ingin memulai perang saudara di Iran pada 2009, dan sekarang Tuhan telah membuat mereka menderita dengan kesulitan yang sama pada 2021," papar Khamenei, seperti dikutip Times of Israel.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)