TV Irlandia Minta Maaf soal Tayangan Satire 'Tuhan Melakukan Pemerkosaan'

Minggu, 03 Januari 2021 - 00:00 WIB
loading...
TV Irlandia Minta Maaf soal Tayangan Satire Tuhan Melakukan Pemerkosaan
Adegan berita satire yang menuduh Tuhan melakukan pemerkosaan yang ditayangkan di televisi Irlandia pada Malam Tahuan Baru. Foto/Irish Mirror
A A A
DUBLIN - RTÉ One, stasiun televisi di Irlandia , meminta maaf atas penayangan berita satire yang menggambarkan Tuhan ditangkap karena melakukan pemerkosaan. Tayangan pada acara hitung mundur Malam Tahun Baru itu memicu kemarahan Uskup Agung setempat.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Sabtu (2/1/2021), stasiun televisi itu mengakui bahwa beberapa penonton tersinggung dengan tayangan berita satire "Waterford Whispers". (Baca: Acara TV Irlandia Sebut 'Tuhan Melakukan Pemerkosaan' Picu Kemarahan )

Sekitar 600 keluhan telah dibuat sejauh ini tentang tayangan itu sejak disiarkan pada Malam Tahun Baru.

"RTÉ menyadari bahwa hal-hal yang dapat menyebabkan pelanggaran secara alami berbeda dari orang ke orang, dalam komedi dan satire pada khususnya," bunyi pernyataan stasiun televisi tersebut.

"Setelah meninjau respons balik dan keluhan yang diterima sampai saat ini, RTÉ ingin meminta maaf kepada mereka yang tersinggung oleh segmen tersebut," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip The Journal.

Sebelumnya, Uskup Agung Primate Katolik Eamon Martin marah dengan acara itu dan menyerukan penghapusan tayangan video yang dia sebut keterlaluan.

"Program tersebut, disiarkan di televisi RTÉ One pada Kamis malam, termasuk laporan berita satir Waterford Whispers News menuduh Tuhan melakukan pemerkosaan dan melaporkan pemenjaraannya," tulis Uskup Agung itu di Twitter pada Hari Tahun Baru. (Baca juga: Drone Selam China Berkeliaran di Perairan Indonesia Patut Dicurigai )

“Klip keterlaluan ini harus segera dihapus dan dikecam oleh semua orang yang berniat baik,” lanjut dia.

Dia mengungkapkan keterkejutannya, bahwa produser atau pun editor dari program tersebut tidak menyadari seberapa dalam menyinggungnya konten acara itu.

"Untuk menyiarkan klip yang sangat ofensif dan menghujat tentang Tuhan dan Bunda Maria yang terberkati selama musim Natal di program dan pada Malam Pesta Khidmat Maria, Ibu dari Tuhan, adalah menghina semua Katolik dan Kristen,” imbuh Uskup Agung.

Klip berdurasi 23 detik, yang dibacakan oleh mantan penyiar RTÉ Aengus Mac Grianna, dimulai dengan kalimat; “Dalam wahyu mengejutkan lainnya tahun ini, Tuhan menjadi sosok terbaru yang terlibat dalam skandal pelecehan seksual yang sedang berlangsung. Wanita berusia lima miliar tahun itu dituduh memaksakan diri pada seorang migran muda Timur Tengah dan diduga menghamilinya di luar keinginannya sebelum dijatuhi hukuman dua tahun penjara dengan penangguhan 24 bulan terakhir."

Saat laporan berita satire itu dibacakan, cuplikan video menunjukkan seorang pria tua berjanggut berkulit putih dan berkacamata dikawal oleh seorang anggota Garda di luar gedung pengadilan Waterford ke sebuah van Garda dan memprotes; "Itu terjadi 2.000 tahun yang lalu."

Item tersebut diikuti oleh laporan tiruan produser film AS Harvey Weinstein, yang dijatuhi hukuman 23 tahun penjara tahun lalu karena pemerkosaan dan pelanggaran seksual lainnya, yang diklaim, "meminta pengadilan ulang di Irlandia".
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)