Setelah Tahun 2020 yang Suram, Asia Waswas Memasuki Tahun Baru 2021

Kamis, 31 Desember 2020 - 23:01 WIB
loading...
Setelah Tahun 2020 yang Suram, Asia Waswas Memasuki Tahun Baru 2021
Seorang wanita berjalan melintasi lukisan dinding di Mumbai, India. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Saat Asia mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2020, berbagai perayaan akan digelar lebih kecil, lebih pendek, dan lebih tenang di tengah kekhawatiran penyebaran virus corona.

2020 jelas menjadi tahun penuh gejolak yang melihat planet ini bergolak oleh pandemi mematikan.

Di Beijing, ibu kota negara terpadat di dunia, pertunjukan cahaya Tahun Baru tahunan di China Central Television Tower yang dijadwalkan pada Kamis hingga Minggu dibatalkan.

Kuil Yonghe Lama Beijing telah memangkas jumlah pengunjung yang diizinkan hingga setengahnya sejak Kamis. Banyak turis lokal tinggal di rumah atau melakukan perjalanan domestik yang lebih singkat. (Baca Juga: Pandemi COVID-19, Begini Perayaan Malam Tahun Baru di Kota-kota Top Dunia)

Virus korona muncul setahun yang lalu di kota Wuhan, China tengah dan sejak itu menyebar secara global, menginfeksi lebih dari 82 juta orang dan menewaskan lebih dari 1,7 juta orang. (Lihat Infografis: Antisipasi Covid-19, Jangan Keluar Rumah saat Malam Tahun Baru!)

Di Wuhan, tempat pandemi diperkirakan berasal, ribuan orang diperkirakan berkumpul di beberapa landmark populer di seluruh pusat kota untuk menghitung mundur hingga 2021. Beberapa mengatakan mereka berhati-hati, tetapi tidak terlalu khawatir. (Lihat Video: Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Kakak dan Adik Tewas)

"Keamanan adalah prioritas," ungkap warga Wuhan Wang Xuemei, 23, yang berprofesi sebagai guru.



"Tidak apa-apa karena tindakan ini tidak diterapkan dengan sangat ketat. Kamu masih bisa keluar," ujar temannya, Wang Anyu.

Australia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)