Bunda, Perhatikan Tanda saat Covid-19 Menyerang Anak

Selasa, 29 Desember 2020 - 07:07 WIB
loading...
Bunda, Perhatikan Tanda saat Covid-19 Menyerang Anak
Banyak tanda virus covid-19 menyerang seseorang. Tidak peduli orang tua atau remaja dan bahkan anak-anak. Untuk anak, Anda diharapkan lebih waspada. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Banyak tanda virus covid-19 menyerang seseorang. Tidak peduli orang tua atau remaja dan bahkan anak-anak. Anda pun harus waspada.

Orang dewasa dinilai lebih mampu mengontrol diri dan mendeteksi, apakah mereka telah tertular covid-19. Namun anak-anak cukup sulit lantaran sebagian besar belum bisa mawas diri terhadap virus tersebut. (Baca juga: Dalam Sehari Positif COVID-19 Blitar Tambah 39 Kasus, 4 Meninggal )

Lantas apa saja gejala anak-anak tertular covid-19? Dilansir dari Times of India, berikut ini tanda-tanda sang buah hati terpapar virus corona, selain hilangnya indera perasa dan penciuman.

1. Batuk
Sama seperti orang dewasa, datangnya covid-19 berasal dari virus pernapasan yang menyebabkan batuk kering, sakit tenggorokan.

Anak-anak yang mengalami demam ringan juga kemungkinam positif terkena infeksi virus ini.

Perlu dicatat bahwa batuk juga merupakan salah satu tanda infeksi yang paling umum di antara orang dewasa, terjadi pada lebih dari 75-80 peesen kasus, baik ringan maupun berat.

2. Pilek
Jika anak mengalami pilek saja, bukan berarti ia terkena gejala covid yang umum diketahui. Akan tetapi, pilek dengan tenggorokan tersumbat bisa menjadi beberapa tanda awal infeksi virus corona.

Walaupun pilek tidak boleh dianggap sebagai gejala flu berat, dokter juga mengatakan bahwa pilek dan gejala serupa influenza juga merupakan keluhan umum pada anak-anak yang hasil tesnya negatif. Oleh karena itu, pastikan Anda waspada terhadap gejala covid yang sering ditemui.

3. Ruam kulit
Terjadinya ruam di kulit yang tidak terduga merupakan bagian gejala covid yang dapat menyerang anak-anak. Faktanya, itu salah satu gejala yang dilaporkan paling awal yang muncul pada Mei 2020. (Baca juga: Ini Tiga Perubahan Perilaku Konsumen Akibat Pandemi Covid-19 )

Disamakan dengan chilblains (peradangan pembuluh darah kecil yang menyakitkan di kulit Anda), munculnya kemerahan yang tidak biasa, ruam inflamasi, kulit gatal dan jari tangan serta kaki yang bengkak bisa menjadi tanda peringatan adanya masalah. Meskipun penyebabnya belum diketahui, mencari perhatian sedini mungkin adalah penting.

4. Sakit Kepala
Sakit kepala inflamasi dan nyeri anak-anak jarang terlihat. Namun lain halnya dengan covid-19, sakit kepala bisa menjadi efek samping yang tidak menyenangkan yang mungkin harus dihadapinya.

Dibandingkan dengan 14 persen orang dewasa, sakit kepala memengaruhi lebih dari 55 persen anak-anak yang diskrining sebagai gejala covid dan dinyatakan positif.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)