14 Juta Pengangguran AS Kehilangan Tunjangan Akibat Aksi Trump

Minggu, 27 Desember 2020 - 00:08 WIB
loading...
14 Juta Pengangguran AS Kehilangan Tunjangan Akibat Aksi Trump
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Jutaan warga Amerika Serikat (AS) terpaksa rela melihat tunjangan pengangguran mereka habis masa berlakunya pada Sabtu (26/12).

Hal itu akibat Presiden Donald Trump menolak menandatangani Rancangan Undang-undang (RUU) paket belanja dan bantuan pandemi senilai USD2,3 triliun.

Trump berdalih RUU itu tidak cukup untuk membantu kebutuhan hidup orang setiap hari. Trump mengejutkan anggota Kongres dari Partai Republik dan Partai Demokrat saat dia pekan ini menyatakan tidak senang dengan RUU itu.

Padahal RUU itu akan memberikan USD892 miliar untuk orang yang sangat membutuhkan bantuan akibat dampak pandemi corona, termasuk memperpanjang tunjangan pengangguran khusus yagn berakhir pada 26 Desember dan USD1,4 triliun untuk belanja pemerintah secara normal. (Baca Juga: Trump Ancam Tak Tanda Tangani RUU COVID-19, Ingin BLT Lebih Besar)

“Tanpa tanda tangan Trump, sekitar 14 juta orang dapat kehilangan tunjangan ekstra,” ungkap data Departemen Buruh AS. (Lihat Infografis: Neverland Michael Jackson Terjual Seharga Rp313 Miliar)

Penutupan pemerintah sebagian akan dimulai pada Selasa depan kecuali Kongres dapat menyepakati RUU dana pemerintah sebelum itu. (Lihat Video: 16 Tahun Tsunami Aceh, Suasana Haru Menyelimuti Kuburan Massal)

Setelah perselisihan berbulan-bulan, Partai Republik dan Demokrat menyetujui paket bantuan itu akhir pekan lalu, dengan dukungan Gedung Putih.



Trump, yang akan menyerahkan kekuasaan kepada Presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden pada 20 Januari, tidak keberatan dengan ketentuan kesepakatan sebelum Kongres menggelar voting RUU pada Senin malam.

Tapi sejak itu Trump mengeluh bahwa RUU itu memberikan terlalu banyak uang untuk kepentingan khusus, proyek budaya dan bantuan asing, sementara bantuan langsung tunai (BLT) USD600 satu kali untuk jutaan orang Amerika dianggap terlalu kecil. Dia menuntut agar BLT dinaikkan menjadi USD2.000 per orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)