Teleponan, Netanyahu Undang Raja Maroko ke Israel

Sabtu, 26 Desember 2020 - 14:58 WIB
loading...
Teleponan, Netanyahu Undang Raja Maroko ke Israel
Maroko menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel di Istana Kerajaan di Rabat pada Selasa malam. Foto/ Al Araby
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dan Raja Maroko Mohammed VI telah mengadakan percakapan telepon setelah kedua negara sepakat melakukan normalisasi hubungan .

Kantor PM Netanyahu yang mengungkap percakapan telepon itu mengatakan, Netanyahu mengundang Raja Mohammed VI untuk berkunjung ke Israel. Kedua negara, yang dimediatori Amerika Serikat (AS) sepakat menormalisasi hubungan. (Baca: Disaksikan Raja, Maroko Teken Perjanjian Normalisasi dengan Israel )

"Para pemimpin mengucapkan selamat satu sama lain atas pembaruan hubungan antarnegara, penandatanganan pernyataan bersama dengan Amerika Serikat (AS), dan perjanjian antara kedua negara," bunyi pernyataan Kantor PM Netanyahu.

"Selain itu, proses dan mekanisme untuk mengimplementasikan kesepakatan telah ditentukan,” lanjut kantor tersebut, seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (26/12/2020).

Empat kesepakatan bilateral ditandatangani pada Selasa antara Israel dan Maroko, yang berpusat pada hubungan udara langsung, pengelolaan air, hubungan sistem keuangan dan pengaturan pembebasan visa untuk diplomat.

Israel dan Maroko juga akan membuka kembali kantor diplomatik. (Baca juga: Erdogan: Turki Ingin Hubungan Lebih Baik dengan Israel )

Netanyahu berterima kasih kepada Raja Mohammed VI karena menjadi tuan rumah bagi delegasi Israel minggu ini.

Sementara itu, pihak Kerajaan Maroko mengatakan Raja Mohammed VI menggarisbawahi hubungan erat antara komunitas Yahudi Maroko dan monarki.

Maroko memiliki komunitas Yahudi terbesar di Afrika Utara dengan sekitar 3.000 orang, dan Israel adalah rumah bagi 700.000 orang Yahudi asal Maroko.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)