Vaksinasi Massal COVID-19 di Amerika Latin Dimulai

Jum'at, 25 Desember 2020 - 03:37 WIB
loading...
Vaksinasi Massal COVID-19 di Amerika Latin Dimulai
Vaksinasi massal COVID-19 di Amerika Latin telah dimulai. Foto/BBC
A A A
MEXICO CITY - Seorang perawat Meksiko menjadi orang pertama di Amerika Latin yang menerima suntikan vaksin virus Corona ketika negaranya memulai program vaksinasi pada Kamis waktu setempat. Meksiko telah menerima pengiriman awal vaksin COVID-19 fizer-BioNTech sehari sebelumnya.

Beberapa waktu kemudian, Chili mulai memberikan vaksin yang sama, dengan Kosta Rika menyusul kemudian pada Kamis malam.

Sementara itu, Argentina pada Rabu lalu mengatakan telah menyetujui penggunaan darurat vaksin Sputnik V Rusia dan pengiriman 300.000 dosis akan tiba di Buenos Aires pada Kamis pagi waktu setempat.



Meksiko menjadi salah satu negara dengan korban kematian pandemi COVID-19 tertinggi di dunia yaitu mencapai. Negara ini telah mencatat lebih dari 120.000 kematian terkait COVID-19 sejauh ini, hanya kalah oleh Amerika Serikat (AS), Brasil, dan India.

Maria Irene Ramirez (59), kepala unit perawatan intensif di Rumah Sakit Ruben Lenero di Mexico City, adalah orang pertama yang menjadi sukarelawan untuk divaksinasi.

"Kami takut, tapi kami harus terus maju dan saya ingin tetap berada di garis depan," katanya setelah itu, menurut surat kabar El Universal yang dikutip BBC, Jumat (25/12/2020).

Vaksinasi Massal COVID-19 di Amerika Latin Dimulai


3.000 dosis pertama - dari 34 juta yang dibeli - tiba di Meksiko pada Rabu lalu dari Belgia, tempat mereka diproduksi.(Baca juga: Bebas COVID-19, Saudi Catat 5 Juta Jamaah Jalankan Ibadah Umrah )

Rekaman peluncuran vaksinasi disiarkan selama konferensi pers pada pagi hari yang disiarkan televisi oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

Pemerintah Meksiko mengatakan ingin memvaksinasi semua petugas kesehatan yang memerangi pandemi pada akhir kuartal pertama 2021.(Baca juga: UEA Izinkan Vaksin COVID-19 Tanpa Label Halal )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0813 seconds (0.1#10.140)