Cara Kim Jong-un Perangi Covid-19, dari Menutup Ibu Kota Hingga Eksekusi

Jum'at, 27 November 2020 - 22:37 WIB
loading...
Cara Kim Jong-un Perangi Covid-19, dari Menutup Ibu Kota Hingga Eksekusi
Pemimpin Korut Kim Jong-un melakukan segala upaya untuk menjaga negaranya dari wabah virus Corona dan kerusakan ekonominya. Foto/NBC
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan telah memerintahkan eksekusi terhadap setidaknya dua orang, melarang penangkapan ikan di laut dan mengunci Ibu Kota Pyongyang sebagai bagian dari upaya untuk menjaga negaranya dari wabah virus Corona dan kerusakan ekonominya. Hal itu diungkapkan anggota parlemen Korea Selatan (Korsel) mengutip pernyataan badan mata-mata negara tersebut.

Dalam laporannya kepada parlemen, badan intelijen Korsel National Intelligence Service (NIS) menyatakan bahwa Korut juga telah melarang penangkapan ikan dan produksi garam di laut untuk mencegah air laut terinfeksi virus.

"Korea Utara juga melakukan upaya peretasan yang gagal pada setidaknya satu perusahaan farmasi Korea Selatan yang mencoba mengembangkan vaksin virus corona," ungkap NIS seperti dikutip dari NBC News, Jumat (27/11/2020).



Korut telah menyatakan bahwa mereka tidak menemukan satu pun kasus virus Corona di wilayahnya, klaim yang dibantah oleh para ahli, meskipun dikatakan melakukan upaya habis-habisan untuk mencegah penyebaran virus. Wabah besar dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan karena sistem perawatan kesehatan Korut tetap lumpuh dan menderita kekurangan pasokan medis yang kronis.

Pandemi tersebut memaksa Korut untuk menutup perbatasannya dengan China, mitra dagang terbesar dan pemberi bantuan, pada bulan Januari. Penutupan tersebut, bersama dengan serangkaian bencana alam selama musim panas, memberikan pukulan berat bagi ekonomi Korut yang berada di bawah sanksi yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Perdagangan Korut dengan China dalam 10 bulan pertama tahun ini mencapai USD530 juta, sekitar 25 persen dari angka yang sama tahun lalu.

"Harga gula dan bumbu melonjak empat kali lipat," kata Ha mengutip laporan NIS.

Kelompok pemantau Korut di Seoul mengatakan nilai tukar won ke dolar baru-baru ini turun secara signifikan karena orang-orang menemukan sedikit tempat untuk menggunakan mata uang asing setelah penyelundupan sebagian besar dihentikan menyusul penutupan perbatasan China.

Anggota parlemen Korsel lainnya, Ha Tae-keung, mengutip NIS, mengatakan Kim Jong-un menunjukkan kemarahan yang berlebihan dan mengambil tindakan irasional atas pandemi dan dampak ekonominya.(Baca juga: Keponakan Kim Jong-un Menghilang setelah Bertemu Agen CIA )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)