Lima Tahun Berturut-turut, Angka Kematian Global Akibat Terorisme Turun

Rabu, 25 November 2020 - 20:54 WIB
loading...
Lima Tahun Berturut-turut, Angka Kematian Global Akibat Terorisme Turun
Lima tahun berturut-turut angka kematian akibat terorisme global turun. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
SYDNEY - Kematian akibat terorisme di seluruh dunia turun selama lima tahun berturut-turut menjadi 13.826 pada 2019 atau turun 15 persen dari tahun sebelumnya. Meski begitu, terjadi peningkatan serangan dari kelompok kanan jauh di Amerika Utara, Eropa Barat dan Oseania.

Begitu laporan Indeks Terorisme Global 2020 yang dirilis oleh Institute of Economics and Peace (IPE) pada Rabu (25/11/2020). Indeks tersebut mengumpulkan insiden, kematian, cedera, dan kerusakan properti yang disebabkan oleh serangan teroris.

"Pada 2019, kematian akibat terorisme turun untuk tahun kelima berturut-turut, setelah mencapai puncaknya pada 2014," kata laporan itu seperti dikutip dari Sputnik.



Menurut laporan itu penurunan terbesar dalam kematian terkait terorisme tercatat di Afghanistan dan Nigeria, dibandingkan dengan angka tahun sebelumnya. Sementara peningkatan terbesar terjadi di Burkina Faso, dimana kematian meningkat sebesar 590 persen.

Secara global, 103 negara menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan 35 yang memburuk, dan ada 63 negara yang mencatat setidaknya satu kematian akibat serangan teroris pada tahun 2019.

"Ini membuktikan bahwa meskipun secara keseluruhan jatuh, terorisme tetap menjadi ancaman yang signifikan dan serius di banyak belahan dunia," laporan itu menambahkan.

Laporan itu mengatakan Taliban adalah kelompok teroris paling mematikan di dunia pada 2019, meskipun kematian yang dikaitkan dengan organisasi Islam yang berbasis di Afghanistan itu menurun sebesar 18 persen tahun lalu.(Baca juga: NATO: AS Tarik Pasukan, Afghanistan Akan Jadi Sarang Teroris )

Di sisi lain, kekuatan dan pengaruh ISIS juga terus menurun, karena kelompok ekstrimis itu bertanggung jawab atas kurang dari 1.000 kematian untuk pertama kalinya sejak kelompok tersebut aktif.

Namun, yang perlu dicatat adalah kelompok afiliasi ISIS tetap aktif di seluruh dunia, dengan 27 negara mencatat serangan oleh ISIS atau afiliasinya, dan Afrika Sub-Sahara menjadi teater operasi utamanya tahun lalu. (Baca juga: ISIS Klaim Ledakan di Pemakaman Non Muslim Jeddah )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)