Putin Sebut Sistem Pemilu AS Bermasalah

loading...
Putin Sebut Sistem Pemilu AS Bermasalah
Presiden Rusia, Vladimir Putin yakin ada beberapa masalah dalam sistem pemilihan umum (pemilu) pemilu Amerika Serikat (AS). Foto/REUTERS
A+ A-
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin yakin ada beberapa masalah dalam sistem pemilihan umum (pemilu) pemilu Amerika Serikat (AS). Tetapi, dia mengatakan terserah Washington untuk mengubah atau tetap mempertahankan sistem tersebut.

"Ini benar-benar bukti, jelas bagi semua orang di dunia, bagi saya tampak jelas bagi orang Amerika bahwa ada beberapa masalah dalam sistem pemilu AS," kata Putin, seperti dilansir Tass pada Senin (23/11/2020).

"Bukan urusan kami apakah mereka perlu mengubah sesuatu atau tidak. Ini adalah masalah rakyat Amerika dan perwakilan mereka di parlemen, dan presiden, rakyat Amerika, dan jika mereka puas, yasudah," sambungnya.

Dia menuturkan, terserah orang Amerika untuk mengevaluasi legitimasi pemilu AS. (Baca juga: DPR Ingatkan Joe Biden Tak Politisasi Isu HAM di Papua)



"Nah, apakah pihak berwenang itu sah atau tidak, pertama-tama, terserah Amerika untuk mengevaluasi ini. Ini adalah hal yang sangat penting, karena kepercayaan rakyat negara ini atau itu terhadap kepemimpinan politik bergantung padanya," ungkapnya.

Cacat dalam sistem pemilu AS, jelasnya, tidak memberikan AS hak apa pun untuk menuduh negara lain bahwa undang-undang pemilu mereka tidak sempurna. (Baca juga: Memoar Obama: Putin Membangun Rusia untuk Ditakuti)

"Ini (proses pemilu di AS) tentu saja tidak memberikan hak kepada siapa pun untuk menunjukkan kelemahan dalam sistem politik lain, termasuk dalam undang-undang pemilu," ucap Putin.





Putin kemudian menekankan bahwa Moskow menentang campur tangan dalam urusan dalam negeri negara lain, seperti dilakukann oleh AS.

"Coba amati pemilu di sana. Mereka tidak membolehkan pengamat untuk mendekat dari jarak tujuh meter, bahkan lebih jauh," tegasnya dan mencatat bahwa ini urusan domestik AS.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top