Angkatan Laut AS Ingin Bentuk Armada Baru di Dekat Singapura

Sabtu, 21 November 2020 - 00:23 WIB
loading...
Angkatan Laut AS Ingin Bentuk Armada Baru di Dekat Singapura
Sekretaris Angkatan Laut Amerika Serikat, Kenneth Braithwaite. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Sekretaris Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS), Kenneth Braithwaite, menyerukan kepada Angkatan Laut untuk membentuk armada baru di dekat Singapura di perbatasan Samudra Hindia dan Pasifik. Tujuannya, untuk mengatasi tantangan Angkatan Laut di wilayah Komando Indo-Pasifik AS termasuk tantangan dari China.

Braithwaite mengatakan bahwa dia belum memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan Christopher Miller tentang rencana tersebut.

“Kami ingin berdiri armada bernomor baru. Dan kami ingin menempatkan armada bernomor itu di persimpangan antara Samudra Hindia dan Pasifik, dan kami benar-benar akan memiliki jejak Indo-PACOM (Komando Indo-Pasifik)," katanya. (Baca: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

“Kami tidak bisa hanya mengandalkan Armada ke-7 di Jepang. Kami harus mencari sekutu dan mitra kami yang lain seperti Singapura, seperti India, dan benar-benar menempatkan armada bernomor di tempat yang akan sangat relevan," ujar Braithwaite.

“Lebih penting lagi, ini bisa memberikan pencegahan yang jauh lebih tangguh. Jadi kami akan membuat Armada ke-1, dan kami akan menjelaskannya, jika bukan Singapura, kami akan membuatnya lebih berorientasi ekspedisi dan memindahkannya melintasi Pasifik sampai itu adalah tempat sekutu dan mitra kami melihat bahwa hal itu dapat membantu mereka sebaik mungkin (juga) untuk membantu kami," paparnya.

Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada USNI News, Jumat (20/11/2020) bahwa Braithwaite telah mendapatkan ide untuk mendirikan Armada Pertama beberapa bulan yang lalu dan telah melakukan pembicaraan dengan mantan Menteri Pertahanan Mark Esper, yang setuju dengan proposal tersebut. (Baca juga: Jet Tempur Siluman J-20 China vs F-22 Raptor AS, Hebat Mana? )

Braithwaite mengumumkan niatnya tersebut saat berbicara di simposium tahunan Naval Submarine League.

Dia mengatakan di awal pidatonya bahwa “orang China telah menunjukkan agresivitas mereka di seluruh dunia. Baru saja datang dari High North (di mana dia sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Norwegia), kehadiran China di Kutub Utara belum pernah terjadi sebelumnya. Baru-baru ini saya melakukan perjalanan ke Timur Jauh; setiap sekutu dan mitra kami prihatin tentang betapa agresifnya orang China. Saya akan berdebat dengan siapa pun bahwa sejak Perang 1812 Amerika Serikat dan kedaulatan kita tidak berada di bawah tekanan yang kita lihat sekarang."

Braithwaite mengatakan dalam beberapa minggu mendatang dia akan melakukan perjalanan ke India untuk membahas tantangan keamanan mereka dan bagaimana Angkatan Laut AS dapat membantu mereka secara unik, tetapi juga bagaimana India dapat membantu AS. Braithwaite menjelaskan bahwa AS sendiri tidak dapat melawan China dan negara-negara di sekitar Pasifik dan di seluruh dunia perlu membantu mendorong mundur secara militer dan ekonomi jika ada peluang pencegahan untuk berhasil.

Saat ini, Armada ke-7 beroperasi di luar Jepang dan mencakup sejumlah besar ruang dari International Datelinehingga sekitar perbatasan India-Pakistan. Armada ke-3 AS beroperasi di San Diego dan melindungi dari International Dateline hingga Pantai Barat AS. Namun, selama bertahun-tahun, telah terjadi peningkatan dan penurunan dukungan untuk mengizinkan Armada ke-3 membantu sebagian beban Armada ke-7, termasuk konsep Armada Ketiga Maju di bawah mantan Komandan Armada Pasifik AS Laksamana Scott Swift.

Menambahkan Armada ke-1 akan mengurangi beberapa tekanan pada Armada ke-7 dan memungkinkan dua komandan armada untuk memberikan perhatian lebih kepada sejumlah kecil sekutu dan mitra serta ruang geografis yang lebih kecil.

Braithwaite tidak memberikan perincian tentang seberapa besar staf yang akan dimiliki armada, jika kapal akan dikerahkan ke Armada ke-1, bagaimana tepatnya area operasi akan dibagi antara Armada ke-1 dan ke-7, atau seberapa cair atau kaku batas yang mungkin berada di antara dua armada INDO-PACOM.

Juru bicara Angkatan Laut Kapten J.D. Dorsey mengatakan kepada USNI News pada 18 November bahwa belum ada keputusan yang dibuat mengenai pembentukan atau lokasi armada bernomor tambahan di Indo Pasifik. "Angkatan Laut terus meninjau struktur organisasi dan postur pasukan kami, berkoordinasi dengan komandan kombatan serta sekutu dan mitra kami, untuk memastikan kami dapat secara efektif memenuhi tantangan maritim yang kami hadapi di seluruh dunia," ujarnya.

Armada ke-1 Angkatan Laut AS sebelumnya ada setelah Perang Dunia II hingga awal 1970-an.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)