Kebijakan Keras Macron Dinilai Membuat Muslim Prancis Terasing

Selasa, 17 November 2020 - 18:11 WIB
loading...
Kebijakan Keras Macron Dinilai Membuat Muslim Prancis Terasing
Ilustrasi
A A A
PARIS - Tepat setelah Prancis menjadi sasaran serangkaian serangan teroris musim gugur ini, Presiden Emmanuel Macron bertemu dengan para pemimpin Uni Eropa (UE) lainnya. Pertemuan ini dilangsungkan untuk membahas tanggapan blok tersebut terhadap ancaman teror.

Reaksi awal Macron, termasuk janji untuk melindungi hak penerbitan karikatur Nabi Muhammad. Bahkan, proyeksi kartun kontroversial Charlie Hebdo di gedung-gedung publik, dalam apa yang dia serukan untuk membela kebebasan berekspresi di negaranya.

(Baca: Amnesty: Prancis Bukan Juara Dalam Kebebasan Berbicara )

Serangan tersebut juga memulai pendekatan 'mencari kambing hitam' pejabat Prancis yang agak terburu-buru dan kaum Muslim menjadi sasarannya. Para kritikus mengatakan, pemerintah Macron mengeksploitasi serentetan kekerasan untuk meningkatkan sikap anti-Muslimnya yang kontroversial.

Andreas Krieg, pengamat dari School of Security di Institute for Middle Eastern Studies, Royal College of Defense Studies di King’s College London, mengatakan, Prancis di bawah pemerintahan Macron memang menerapkan kebijakan yang keras terhadap Muslim dan ini membuat umat Muslim di negara tersebut terasing.


"Di bawah Macron, Prancis telah mengambil langkah kuat melawan Islam dan Islamisme di bawah panji toleransi dan liberalisme," ucap Krieg, seperti dilansir Anadolu Agency.

"Kebijakan imigrasi Prancis yang didasarkan pada asimilasi daripada integrasi, berarti bahwa Muslim dipaksa untuk berasimilasi dengan arus utama sekuler Prancis yang memiliki sedikit toleransi terhadap keyakinan non-sekuler lainnya," sambungnya.

Pendirian ini menyebabkan keterasingan dan ketidakamanan identitas di antara sebagian Muslim, yang menurutnya, adalah akar penyebab ekstremisme.

(Baca: RUU Baru Prancis, Rekam Polisi Dianggap Tindak Kejahatan )

Sementara itu, cendekiawan Muslim seperti Khaled A. Beydoun, profesor Hukum di Sekolah Hukum Universitas Negeri Wayne dan penulis American Islamophobia: Understanding the Roots and Rise of Fear, melihat posisi Macron sebagai penyangkalan dari kepercayaan yang dipegang teguh.

"Alih-alih cenderung pada ketidakadilan sistemik dan membingkai pembunuhan mengerikan Samuel Paty sebagai penyimpangan, Macron memanfaatkan kelemahan Prancis dan mengakar Islamofobia untuk melepaskan tingkat baru kebencian terhadap Muslim Prancis," kata Beydoun.

"Macron meremehkan Islam, yang memicu kekerasan terhadap Muslim di Prancis. Perpecahan meradang, alih-alih menggunakan tempat bertenggernya untuk memperbaiki dan menjebak pembunuhan Paty apa adanya: tindakan keji satu orang, bukan enam juta pria dan wanita Prancis," ungkapnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)