10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia

Minggu, 15 November 2020 - 06:29 WIB
loading...
10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia
Misi utama dari kapal selam serang adalah untuk menghancurkan kapal selam musuh ataupun kapal di permukaan. Ilustrasi/Koran SINDO/Masyhudi
A A A
ADA banyak hal yang menjadikan kapal selam dianggap paling hebat. Bisa karena ukurannya atau karena teknologinya. Misi utama dari kapal selam serang adalah untuk menghancurkan kapal selam musuh ataupun kapal di permukaan. Dia harus memiliki sonar yang baik untuk mendeteksi kapal selam musuh.

Selain itu tingkat kesenyapan juga sangat dibutuhkan untuk mampu mendekati musuh dan meninggalkan lokasi tanpa terdeteksi. Berikut 10 kapal selam penyerang paling mematikan.

1.Kelas Seawolf (Amerika Serikat/AS)

10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia


Beroperasi :1997
Kedalaman Menyelam : 487m
Senjata : Mk. 48 Torpedo, rudal anti-kapal Sub-Harpoon dan rudal jelajah Tomahawk

Bisa dibilang kapal selam serang terbaik di dunia. Seawolf AS adalah senjata perang yang sangat mahal tetapi sangat canggih. Mereka dirancang dan dibangun untuk mengembalikan keunggulan teknologi AS yang hilang setelah pertengahan 1980-an. Korban utama kapal selam berbahaya ini adalah kapal selam kelas Typhoon dan Akula. Awalnya, ada 12 kapal selama direncanakan akan dibangun tetapi saat ini hanya 3 kapal selam yang aktif. Sebagian besar kapal selama rata-rata melakukan perjalanan dengan kecepatan kurang dari 5 knot untuk menghindari deteksi tetapi Seawolf dapat melaju dengan kecepatan 20 knot dan tetap bisa menghindari deteksi. (Baca: 5 Penjelajah Dunia Paling Legendaris dalam Sejarah)

2.Kelas Virginia (AS)

10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia


Beroperasi : 2004
Kedalaman Menyelam : lebih dari 250 m
Senjata : torpedo Mk.48, rudal anti-kapal Sub-Harpoon, rudal jelajah Tomahawk.

Penerus kelas kapal selam Los Angeles, Kelas Virginia dirancang sebagai alternatif yang lebih kecil, lebih murah dan lebih serbaguna. Menjadi kebanggaan Angkatan Laut AS, kapal selama kelas ini menggabungkan lapisan anechoic yang baru dirancang, struktur dek terisolasi, dan sistem propulsi baru untuk memberikan ciri akustik yang rendah. Kapal dilengkapi dengan 12 tabung peluncuran vertikal untuk rudal jelajah Tomahawk. Mereka juga dilengkapi dengan 4 tabung torpedo 533 mm.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)