Presiden Turkmenistan Luncurkan Patung Anjing Raksasa dari Emas

Jum'at, 13 November 2020 - 22:52 WIB
loading...
Presiden Turkmenistan Luncurkan Patung Anjing Raksasa dari Emas
Alabay merupakan trah anjing asli Turkmenistan. Foto/REUTERS
A A A
ASHGABAT - Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov memberikan penghargaan tertinggi pada trah anjing kesayangannya dengan membuat patung anjing raksasa dari emas.

Berdymukhamedov meluncurkan patung anjing Alabay setinggi 6 meter di ibu kota Ashgabat pada Selasa.

Alabay adalah trah anjing gembala (shepherd) Asia Tengah dari Turkmenistan yang dikembangbiakkan di negara itu. Anjing jenis itu pun masuk dalam daftar warisan nasional negara itu.

Ini bukan pertama kalinya trah Alabay disanjung sang presiden. Tahun lalu, dia meluncurkan satu buku untuk Alabay. (Baca Juga: China Akhirnya Beri Ucapan Selamat pada Biden dan Harris)

Terlepas dari kemegahan patung emas itu, kebanyakan penduduk Turkmenistan miskin. Negara ini termasuk salah satu yang kehidupan pers tidak bebas, hanya satu rangking di atas Korea Utara. (Lihat Infografis: KTT ASEAN Digelar di Tengah Pergolakan Kekuatan Global)

“Patung emas itu terletak di kawasan perumahan yang dirancang untuk pegawai negeri sipil (PNS),” ungkap laporan Eurasianet. (Lihat Video: Badai Topan Vamco Terjang Filipina, 32 Desa Terendam Banjir)

Di bawah patung itu terdapat layar LED dengan rekaman video yang menunjukkan perkembangan trah angjing tersebut. Tidak jelas berapa biaya pembuatan patung emas itu.

Presiden Turkmenistan Luncurkan Patung Anjing Raksasa dari Emas


Media pemerintah mengatakan patung itu mencerminkan "kebanggaan dan kepercayaan diri" dari trah anjing tersebut.

Saat pembukaan patung, seorang anak laki-laki diberikan seekor anjing Alabay, dengan karpet buatan tangan dan kuda pacuan trah Ahal Teke.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)