Putin Ingin Pertahanan Nuklir Rusia Seperti Senapan Kalashnikov

Rabu, 11 November 2020 - 20:48 WIB
loading...
Putin Ingin Pertahanan Nuklir Rusia Seperti Senapan Kalashnikov
Pusat Kontrol Pertahanan Nuklir Rusia. Foto/Russia Today
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengumumkan Rusia hampir menyelesaikan situs kontrol dan komando baru pengendali pasukan anti nuklir . Ia mengatakan sistem tersebut harus sederhana dan dapat diandalkan seperti senapan Kalashnikov.

Putin mengatakan fasilitas baru telah meningkatkan kemampuan bertahan dalam serangan, termasuk serangan nuklir, memastikan bahwa Rusia tetap mengendalikan angkatan bersenjatanya. Kemampuan bertahan hidup sangat penting untuk pencegahan nuklir, memastikan serangan balasan diluncurkan sebagai respons terhadap serangan yang memenggal kepala dan dengan demikian membuat eskalasi seperti itu kecil kemungkinannya.

"Situs komando dan kontrol baru memiliki perlindungan praktis yang mutlak," kata Putin.



"Yang penting, semua peralatan, perangkat keras, dan komunikasi yang terlibat dalam pengendalian kekuatan nuklir harus tetap modern, sederhana, dan andal, seperti senapan serbu Kalashnikov," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (11/11/2020).

Sebelumnya pada pertemuan dari kelompok kerja yang sama, Putin mengatakan, Rusia meningkatkan kemampuan nuklirnya karena erosi yang terus berlanjut dari mekanisme internasional untuk pengendalian senjata nuklir. Di bawah pemerintahan Trump, AS telah membongkar beberapa perjanjian kendali senjata dengan Rusia dan mengumumkan rencana ambisius untuk meningkatkan dan memperluas persenjataannya.(Baca juga: Putin: Keputusan AS Mundur dari INF Adalah Kesalahan Besar )

Hanya satu perjanjian antara AS dan Rusia, yang membatasi persenjataan nuklir kedua negara, tetap berlaku. Tidak ada kepastian bahwa apa yang disebut perjanjian New START akan diperbarui sebelum berakhir pada Februari mendatang.

“Mempertimbangkan risiko geopolitik saat ini, kami akan bekerja lebih lanjut untuk memodernisasi kekuatan nuklir strategis kami, secara konsisten meningkatkan semua komponennya,” kata Putin.(Baca juga: Putin: Rusia Akan Terus Tingkatkan Senjata Nuklir karena Ada Ancaman )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)