Dunia Terpaku pada TV Menanti Biden atau Trump Pemenang Pilpres AS

Jum'at, 06 November 2020 - 06:19 WIB
loading...
Dunia Terpaku pada TV Menanti Biden atau Trump Pemenang Pilpres AS
Tayangan debat final capres Amerika Serikat antara Donald Trump melawan Joe Biden. Foto/Sputnik / Yuki Iwamura
A A A
WASHINGTON - Bukan hanya orang Amerika Serikat (AS) yang tergantung di ujung kursi mereka ketika menunggu berita pasti tentang siapa yang akan menjadi presiden mereka berikutnya— Donald Trump atau Joe Biden .

Richard Mason, seorang penulis dan filantropis kelahiran Afrika Selatan yang tinggal di Inggris, adalah salah satu dari banyak orang di seluruh dunia yang terpesona oleh drama politik yang diputar di Amerika Serikat. (Baca: Hasil Electoral Votes Pilpres AS: Biden 264, Trump 214 )

"Setiap orang yang saya kenal benar-benar terpaku pada perangkat TV mereka," katanya kepada Fox News,yang dilansir Jumat (6/11/2020). "Kami tahu lebih banyak tentang Electoral College, aturan pemungutan suara negara bagian demi negara, daripada kebanyakan dari kami tahu tentang sistem pemilu kami sendiri. Mereka mengatakan bahwa ketika Amerika Serikat bersin, Eropa akan kedinginan. Nah, kalian pasti sudah mendapatkan perhatian."

Pemilihan presiden (pilpres) AS terhenti setelah pemungutan suara ditutup pada hari Selasa, dengan sejumlah negara bagian kritis masih menghitung surat suara. Empat negara bagian; Nevada, Georgia, North Carolina, dan Pennsylvania semuanya belum mengumumkan apakah Trump atau Biden telah memenangkan negara bagian.

Calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden saat ini memimpin dengan meraih 264 electoral votes, sedangkan capres petahana Partai Republik Donald Trump meraih 214 electoral votes. Butuh minimal 270 electoral votes bagi seorang capres untuk menang pilpres AS. Kemenangan Biden di salah satu dariempat negara bagian yang tersisa akan memuluskan jalannya meraih 270 electoral votes karena dia hanya butuh 6 electoral votes lagi. (Baca: Jika Biden Menang di Nevada, Selesai Sudah Pilpres AS )

Seperti banyak warga dunia lainnya, Mason memiliki perasaannya sendiri tentang apa yang akan terjadi selanjutnya di Amerika.

"Saya pikir penting untuk mengakui, siapa pun yang menang, banyak orang memilih orang lain," katanya. "Siapa pun yang menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya akan menghadapi tugas besar untuk menambal kembali negara itu."

Dia melanjutkan: "Orang Amerika yang saya kenal benar-benar merindukan itu, mereka menginginkan kesembuhan dan kesopanan dan kembali ke kehidupan normal di mana Anda dapat tidak setuju satu sama lain dan dengan teman dan tetangga Anda tanpa itu menjadi begitu kasar dan agresif."

Di seluruh negeri di China, pemilihan presiden yang berlarut-larut ini telah memberikan hiburan bagi massa. Seorang akuntan yang menyebutkan nama pendeknya Duan mengatakan kepada Associated Press: “Kami mendengar akan ada protes dan tuntutan hukum yang datang jadi saya hanya menunggu tindak lanjut dan menonton untuk bersenang-senang. Orang China senang menjadi penonton."

Dalam hal pasar, mereka dapat melakukan banyak hal yang berbeda tergantung pada banyak perhitungan, tetapi pada hari Kamis, Hong Kong merasakan guncangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)