China Larang Masuk Pengunjung asal Inggris dan Belgia karena Covid-19

Kamis, 05 November 2020 - 14:04 WIB
loading...
China Larang Masuk Pengunjung asal Inggris dan Belgia karena Covid-19
Para penumpang kereta mengenakan masker untuk pencegahan penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Shanghai, China. Foto/REUTERS/Aly Song
A A A
BEIJING - China telah melarang masuk pengunjung asal Inggris dan Belgia. Alasannya, untuk melindungi warganya dari kebangkitan virus corona baru (Covid-19) di dua negara Eropa tersebut.

Covid-19 pertama kali muncul di China tengah akhir tahun lalu, tetapi Beijing sebagian besar telah mengendalikan wabahnya sendiri melalui pembatasan perjalanan yang ketat dan langkah-langkah kesehatan yang ketat bagi siapa pun yang memasuki negara itu.

Pada bulan Maret, ketika virus menyebar ke seluruh dunia, China menutup perbatasannya untuk semua warga negara asing. (Baca: Hasil Electoral Votes Pilpres AS: Biden 264, Trump 214 )

Negara itu secara bertahap mencabut pembatasan guna memungkinkan mereka yang terdampar di luar negeri untuk kembali dengan izin khusus dari kedutaan besarnya, tes Covid-19 negatif dan karantina dua minggu pada saat kedatangan.

Tetapi ketika wabah itu sekali lagi melanda seluruh Eropa, kedutaan besar China di Inggris mengatakan; "Beijing telah memutuskan untuk sementara waktu menangguhkan (izin) masuk ke China untuk warga negara non-China".

"Penangguhan adalah tanggapan sementara yang diperlukan oleh situasi Covid-19 saat ini," kata keduataan tersebut, seperti dikutip AFP, Kamis (5/11/2020). (Baca: Jika Biden Menang di Nevada, Selesai Sudah Pilpres AS )

Situs web kedutaan besar China di Belgia mengumumkan larangan serupa terhadap pelancong sebagai upaya terakhir dalam menanggapi pandemi saat ini.

Inggris dan Belgia saat ini menjadi dua negara paling terpukul oleh pandemi Covid-19. Kementerian Luar Negeri China belum mengeluarkan pernyaataan resmi soal kebijakan travel ban tersebut.

Inggris, salah satu negara yang paling terpukul di dunia dengan hampir 48.000 kematian terkait dengan virus corona dan lebih dari 1 juta kasus infeksi, telah memasuki penguncian nasional baru untuk mengekang penyebaran pandemi.

Belgia, yang memiliki kasus infeksi Covid-19 terbanyak per kapita di dunia, telah diisolasi sejak pekan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)