AS dan Iran Sepakat Dukung Pemerintahan Kadhimi di Irak

Jum'at, 08 Mei 2020 - 21:01 WIB
loading...
AS dan Iran Sepakat Dukung Pemerintahan Kadhimi di Irak
Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi. Foto/Deccanherald
A A A
BAGHDAD - Amerika Serikat (AS) dan Iran sepakat mendukung pemerintahan baru Irak yang dipimpin Mustafa Al-Kadhimi setelah parlemen memberi persetujuan mengakhiri kebuntuan politik.

“Kami mendukung perdana menteri dan rakyat Irak untuk memerangi pandemi virus corona, mencapai kemenangan komprehensif pada Daesh (ISIS), memberi bantuan kemanusiaan dan mencapai stabilitas pada wilayah yang telah dibebaskan,” papar pernyataan Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Irak.

“Pemerintahan baru sekarang harus menghadapi kerja sulit menerapkan reformasi segera dan memenuhi kebutuhan rakyat Irak,” ungkap Kedubes AS.

Kedubes AS menyatakan, “Dialog strategis selanjutnya dengan pemerintah Irak bertujuan menegaskan kembali pentingnya kemitraan AS-Irak bagi kedua negara.”

Adapun Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Javad Zarif menyambut Kadhimi, pemerintahannya, parlemen dan rakyat Irak yang berhasil membentuk pemerintahan baru.

Zarif menjelaskan di Twitter bahwa negaranya selalu berdiri bersama rakyat Irak dan pilihan mereka dalam menentukan pemerintahannya.

Kepala Pemerintahan Regional Kurdistan (KRG) Masrour Barzani menginfirmasi dia telah menelpon Kadhimi untuk memberi selamat setelah mendapat dukungan parlemen di masa penting di Irak dan Wilayah Kurdistan.

“Kita menghadapi tantangan bersama dan saya ingin bekerja sama dengan pemerintahannya,” kata Barzani.

Presiden KRG Nechirvan Barzani menyatakan, “Saya memberi selamat Kadhimi pada pemerintahannya yang mendapat kepercayaan dan saya harap dia sukses.” (Baca Juga: Bisnis Jepang Buka Lagi Saat Pemerintah Hendak Akhiri Status Darurat)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)